Kanal

Meriah, Tour de Muara Takus Akan Jadi Ivent Tahunan

KAMPAR (Sunting.co.id) - Ivent Tour de Muara Takus tahun 2022 berlangsung meriah Sabtu (12/11). Kegiatan ini menjadi perhatian banyak orang dan menjadi "bunga", harum dalam setiap perbincangan.

Ivent ini bukan hanya memperkenalkan, tapi bahkan menghapus rasa penasaran para wisatawan khususnya mancanegara tentang sejarah dan budaya Candi Muara Takus yang sudah ada sejak abad 11. Bahka ada yang.menyebut abad 9 dan abad ke-4.

Kabupaten Kampar, khususnya Kecamatan XIII Koto Kampar, berubah menjadi meriah. Hiruk pikuk. Bagaimana tidak, sekitar 375 pesepeda dari berbagai wilayah di Indonesia, tepatnya di 22 provinsi dan mancanegara mendatangi candi ini. Mereka mendayung sepeda dari Kota Pekanbaru menuju candi. Di setiap perhentian atau pitstop, mereka disambut gembira. Mulai dari orangtua hingga anak-anak sekolah. Bendera Merah Putih kecil, berkibar di setiap tangan.mungil anak-anak SD ini.

Kemeriahan sangat terasa di titik finish atau di sekitar kawasan candi. Berbagai hiburan tradisi, kuliner lokal dan 300 produk UMKM Kampar disuguhkan sedemikian rupa. Warga dan.pengunjung pun menyerbu tempat-tempat ini.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dan Penjabat (Pj) Bupati Kampar Kamsol MM menyambut para pesepeda di pitstop terakhir di garis finis. Keduanya menyambut peserta dengan melambaikan bendera papan catur. 

Kamsol, menyebut, bahwa Tour de Muara Takus akan dijadikan ivent tahunan.

"Tour de Muara Takus banyak manfaatnya. Kampar dikenal dengan Muara Takusnya, ekonomi masyarakatnya juga bergerak, infrastruktur juga akan lebih baik. Insyaallah kami akan masukkan ivent ini dalam kalender pariwisata tahunan Kabupaten Kampar," katanya.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER