Kanal

Menanam di Hari Lingkungan Hidup Kunni: Perempuan itu Mewarisi dan Mewariskan

KAMPAR (Sunting.co.id) - Sempena Hari Lingkungan Hidup Sedunia, perempuan pegiat lingkungan dan perempuan Kampar Kiri turut melakukan penanaman di Desa Padang Sawah, Kampar Kiri, Kampar  Minggu (5/6/2022).

Aktivis lingkungan Kunni Masrohanti yang juga dikenal sebagai penyair dan budayawan Riau, merupakan penggagas kegiatan ini. Perempuan-perempuan ini adalah mereka yang juga bergabung dalam komunitas pegiat alam yakni Komunitas Pegiat Konservasi Riau (KPKR), Srikandi Pendaki Gunung Indonesia (SPGI), Jungle Ghost Warrohe Blood Indians dan Pemuda Pencinta Alam (PAPALA) Padang Sawah.

Selain PAPALA Kunni merupakan pembina di tiga komunitas lainnya dan pendiri SPGI. Kegiatan yang dilaksanakan di Padang Hijau tepian Sungai Subayang Desa Padang Sawah ini dilaksanakan selama dua hari dan dihadiri ketua serta pengurus masing-masing komunitas.

"Kenapa bicara khusus perempuan  karena perempuan mewarisi dan mewariskan. Dari rahimnya ia melahirkan, memgasuh dan membesarkan. Untuk alam dan lingkungan juga harus begitu. Makanya  penanaman sempena Hari Lingkungan Hidup ini  diajak juga anak-anak untuk sama-sama menanam sambil mengedukasi pentingnya lingkungan yang sehat dan lestari bagi kehidupan mereka  bagi manusia dan makhluk hidup lainnya," kata Kunni yang juga Dewan Daerah Walhi Riau ini.

Selain menanam pohon, kegiatan ini juga dilengkapi dengan Bincang Konservasi dan kemping bersama di lokasi penanaman.(*)

"Tentu kami senang bisa terlibat dalam penanaman ini. Semua jadi pengalaman, tambah teman, perkuat persaudaraan. Ada anak-anak juga yang turut belajar di sini. Pohon yang ditanam semoga hidup dan meneduhkan di padang luas ini," kata Defina Kasmono, salah satu guru di Desa Padang Sawah.(*)



Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER