Kanal

Asyiknya ke Talau Pusako

Talau Pusako, tempat yang asyik untuk dikunjungi. Di sini, pengunjung bisa  menikmati keteduhan danau yang luas, bahkan bermain air sepuasnya. 

Laporan MUHAMMAD MAULANA, Kampar

SUNGGUH, wisata alam saat ini  menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk menghasbiskan akhir pekan. Dalam waktu yang singkat, mereka pun mencari tujuan yang dekat, tapi tetap bisa bersantai dan tenang.

Salah satu wisata ini adalah bentang alam Danau PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar  yang terus berkembang. Selalu saja ada tempat wisata baru di kawasan tersebut. Baru-baru ini muncul Talau Pusako, tempat wisata tepian danau sekaligus sebuah pulau di tengah danau yang ramai didatangi pengunjung. 

Talau Pusako terletak sekitar 5 menit setelah jembatan Rantau Berangin atau beberapa menit sebelum Kampung Patin. Jarak tempuh dari Pekanbaru sekitar 1,5 jam saja. 

Di Talau Pusako, kendaraan roda dua atau roda empat bisa langsung sampai ke tepian danau. Jalan akses dari jalan lintas turun ke bawah hingga ke tepian danau, nyaman untuk dilewati. Jadi, tempat ini juga sangat cocok untuk wisata krluarga. 

Di tepian ini juga dilengkapi berbagai fasilitas umun, sepeti gazebo, pondokan, listrik, kamar mandi, bahkan ada sepeda gantung, titian dan rumah pohon. 

Jika dengan duduk di tepiannya saja bisa menikmati keindahan danau, apalagi dari atas sepeda gantung. Hamparan air danau yang luas beserta gugusan pulau-pulau di tengahnya, pasti terlihat semua. Keren bukan? 

Di tepian danau ini juga ada dermaga dan lokasi kemping yang luas. Bagi yang tidak ingin menyeberang ke pulau, cukup di sini saja juga sudah menyenangkan. 

Bagi pengunjung yang ingin berpetualang, ke Pulau Talau Pusako pilihan yang tepat. Pengelola menyediakan sewa boat, live jacket, hammock dan tenda. Di pulau juga dilengkapi dengan listrik, toilet, pondokan berukuran 4x8 meter, pohon-pohon tempat hammock, serta lokasi kemping yang luas. Dan semuaya menghadap ke tengah danau yang luas. 

Bagi pengunjung yang suka mancing, di sini memang tempatnya. Banyak ikan. Jadi, sambil kemping, mancing dan bakar-bakar ikan. 

Pihak pengelola, Gepy, terus melakukan pembenahan dan melengkapi berbagai fasilitas di atas lahan sekitar 9 hektare tersebut. Salah satu yang sedang dipersiapkan adalah flying fox. Tentu akan semakin seru bukan? Apalagi, ayo ke Talau Pusako!! ***

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER