Kanal

Santai di Pulau Sidu

KAMPAR (Sunting.co.id) -  Namanya Pulau Sidu. Pulau ini bukan pulau biasa. Jika pada umumnya pasir memenuhi tepian pulau, di Pulau Sidu, sepanjang tepainnya dipenuhi hamparan batu-batu kecil, selain pasir juga tentunya. 

Pulau ini juga bukan berada di tengah laut, melainkan di tengah sungai yang dikelilingi hutan rimbun dan teduh. Sebelum sampai ke Pulau Sidu, pengunjung akan menyusuri sungai terlebih dulu dengan menggunakan piaw (perahu mesin). Sungai yang panjang dan jernih ini banyak ditumbuhi batu-batu besar di tengahnya. 

Dimanakah Pulau Sidu? Pulau ini berada di tengah Sungai Subayang, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupatem Kampar. Sungai yang membelah jantung Swaka Margasatwa (SM) Rimbang Baling ini, menghulu hingga jauh, yakni Sumbar. 

Pulau ini sering dikunjungi wisatawan, baik dari Riau maupun luar Riau. Bahkan wisatawan mancanegara sudah sampai ke sini dan ke Subayang pada umumnya. 

Dari Kota Pekanbaru, perjalanan diitempuh dengan jalan darat. Bisa dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Jalannya juga aspal. Jarak tempunhnya juga tidak jauh, hanya 2,5 jam sampai ke Desa Gema atau desa terakhir sebelum naik piaw. Selanjutnya, pengunjung naik piaw sekitar 20 menit. 

Akan semakin seru jika membawa bekal untuk disantap bersama di tepian pulau sambil menikmati sejuk jernihnya air Subayang. Nah, perjalanan yang asyik bukan? ke Riau, jangan lupa ke Pulau Sidu.***

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER