Kanal

Menyimak Ketenangan Telaga Dewi di Puncak Singgalang

SUMBAR (Sunting.co.id) - Menjelajahi Gunung Singgalang, bukanlah penjelajahan biasa.

Gunung Singgalang yang berada di Sumatera Barat ini memiliki ketinggian 2877 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jalur pendakiannya cukup menantang. Tapi, banyak yang bisa dilihat di sana. Seperti hutan lumut, Tugu Galapagos hingga Telaga Dewi yang tenang.

Telaga Dewi cukup luas. Airnya hitam kecokelatan. Pohon-pohon cantigi yang tinggi, tumbuh di sekelilingnya dan membuat telaga semakin teduh. Sebagiannya yang sudah tua dan tumbang  ke bibir telaga, membuat tepian telaga ini semakin berwarna. 

Tidak hanya itu, para pendaki  juga dimanjakan dengan keriangan ikan-ikan emas yang kerap kali muncul ke permukaan. Ikan ini tidak boleh diambil. Dari dermaga kecil di tepian, ikan-ikan ini semakin bisa dilihat dengan jelas. Di dermaga ini pulalah para pendaki selalu mengabadikan kenangan. 

Selain Telaga Dewi, di  Gunung Singgalang juga ada Telaga Kumbang yang terletak cukup jauh dari Telaga Dewi. Camp Ground di sekitar Telaga Dewi cukup luas. Dan di sinilah para pendaki selalu melepas lelah sepanjang malam, hingga esok kembali pulang.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER