Kanal

Festival Subayang Digelar 10-12 Maret, Kadispar: Kerja Kolaborasi

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Festival Subayang tahun 2023 kembali digelar. Sesuai kalender pariwisata Riau, festival tahunan ini akan digelar 10-12 Maret mendatang di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, menyebutkan, iven ini terlaksana berkat kolaborasi dan dukungam banyak pihak, terutama masyarakat setempat.

"Dalam iven tersebut, dari produksi sampai pelaksanaan, saling kolaborasi," kata Kadis yang arab disapa Wak Mamat ini kepada Sunting.co.id, Selasa (28/2/2023).

Ajang Kharisma Event Nusantara (KEN)  yang diinisiasi Kemenparekraf ini mengedepankan peran pegiat kepariwisataan tempatan sebagai penggerak sekaligus pengelola. Salah atu kekuatan Festival Subayang terletak pada kekhasan lokalitas dengan pesona alam dan kearifan lokalnya yang masih terjaga.

Kadispar juga menjelaskan, bahwa dalam kegiatan ini,  dinas hanya mensupport, sedangkan masyarakat di Subayang yang lebih banyak berperan.

"Karena iven ini dilaksanakan oleh kawan-kawan di Subayang. Kami mensupport dan membuat iven ini jadi memiliki nilai lebih, terutama turut meningkatkan ekonomi masyarakat," sambungnya.

Berbagai kegiatan akan dikemas di dalam festival ini. Di antaranya panggung pertunjukan, bazar, kuliner, bongkar Lubuk Larangan atau Mancokou Ikan, Kemping Akbar, susur sungai dengan piyau dan masih banyak lainnya.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER