Kanal

Hari Puisi Berbasis Ekonomi Kreatif, Kadispar Riau: Semoga Berkelanjutan

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) ke-10 di Riau, khususnya di Pulau Belimbing, Kuok, Kabupaten Kampar, disambut baik Dinas Pariwisata Riau. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat S.Stp MSI, kepada Pengurus Rumah Sunting saat berkunjung ke kantornya, Senin (29/8/2022).

"Tentu kami sangat mendukung kegiatan perayaan Hari Pusi yang digagas kawan-kawan Rumah Sunting. Apalagi konsepnya berbasis ekonomi kreatif. Semoga nanti setelah acara ini usai dilaksanakan, bisa diteruskan masyarakat di sana. Semoga berkelanjutan terus," kata Kadis yang akrab disapa Wak Mamat ini.
Wak Mamat juga akan hadir dalam kegiatan ini, khususnya di acara puncak, Minggu (11/8). Sementara, kegiatan ini sudah akan dimulai sejak Jumat (9/8).

"Insyaallah Saya hadir, semoga tidak ada hal mendesak membuat langkah tertunda untuk ke Pulau Belimbing," katanya lagi.

Kunni Masrohanti yang datang bersama Siti Salmah, menyebutkan, kedagangannya bertemu Wak Mamat memang mengundangmya untuk hadir ke acara tersebut. Pada Minggu pagi itu, selain menyaksikan Sandiwara Amal yang menjadi ciri khas Pulau Belimbing, juga akan dilakukan penanaman pohon bersama Bupati Kampar dan masyarakat.

"Kenapa kami memilih Pulau Belimbing, karena tempat ini sudah menjadi desa wisata, tapi keberadaannya belum maksimal, padahal masih bisa dimaksimalkan lagi dengan kekayaan alam dan budayanya. Sudah ada modal seperti Sandiwara Amal, Basiacuong, Calempong, tari tradisi, belum lagi Cagar Budaya Rumah Lontiok dan bentang alamnya yang indah. Puisi akan digemakan di sini bersama sastra lisan.yang juga puisi. Disandingkan lagi dengan pertunjukan seni lainnya. Karena itulah ada bazar. Ini atas harapan masyarakat juga. Jadi puisi dan seni untuk ekonomi kerakyatan," kata Kunni panjang lebar.

Kunni juga menyampaikan bahwa, Rumah Sunting terus menjalin komunikasi aktif terus menerus dengan masyarakat Dusun Pulau Belimbing, khususnya panitia setempat yang juga telah dibentuk bersama.(*)





Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER