Kanal

Dewan Kesenian Kota Pekanbaru Taja Festival Seni Pertunjukan

PEKANBARU (Sunting.co.id) -  Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) menyelenggarakan Festival Seni Pertunjukan, Sabtu (17/7) di Gedung Olah Seni Taman Budaya Riau, Riau.

Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan kesenian yang diharapkan mampu menggeliatkan kesenian serta ekonomi kreatif di Kota Pekanbaru.  Dalam Festival ini akan dilombakan dua cabang kesenian yang mendapat antusias dan animo dari masyarajat yakni teater dan tari.

"Selain teater ada tari yang kami perlombakan. Semoga kegiatan ini mampu menggeliatkan kesenian serta ekonomi kreatif di Pekanbaru," ungkap Ketua DKKP, Fedli Aziz.

Pertunjukan teater, sambung Fedli, merupakan salah satu cabang lomba yang diharapkan mampu mengajak kelompok atau sanggar teater kembali bergeliat, membaca naskah dan mementaskan karya-karya terbaik dari dramawan di Pekanbaru.

Bukan tanpa sebab, selama dua tahun ini teater hampir tidak ada kegiatan dan pentas. Hal ini berkaitan dengan kegiatan tersebut menarik penonton yang cukup banyak diminatu. Setidaknya, cabang lomba teater ini akan membuat rasa haus penonton di Kota Pekanbaru sedikit terpenuhi.

Adapun kelompok atau sanggar yang akan tampil dalam pentas teater kali ini adalah UKM Batra UNRI, Belacan Art Community, Komunitas Jejak Langkah, Seru Rasa, Taksu dan Goeboek Creative.

Cabang teater turut diperlombakan, kata Fedli lagi, karena berangkat dari kegelisahan pembinaan tari yang terus menerus namun wadah menampungnya berupa lomba tidak ada sama sekali, khususnya selama dua tahun belakangan.

"Sebenarnya, banyak penari dan koreografer hebat yang muncul di Pekanbaru. Namun, hal itu tidak seiring sejalan dengan ruang-ruang ekspresi mereka. Maka, cabang lomba tari akan menjadi sebuah helatan yang menarik untuk disaksikan oleh seniman tari dan masyarakat umum di Kota Pekanbaru.
Festival Seni Pertunjukan ini akan terus dilanjutkan menjadi agenda tahunan," terang Fedli.(rls/*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER