Kanal

Konser ''Awang Menunggang Gelombang'' Libatkan 70 Musisi

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Grup musik asal Riau yang sudah mendunia, Riau Rhythm, memggelar konser akbar dalam tampilan Orkestra atau Riau Rhythm in Orchestra. Pertunjukan ini digelar dua malam berturut-turut di Anjung Seni Idrus Tintin (ASIT), Jumat dan Sabtu, (30-31 Oktober 2020) dengan melibatkan 70 musisi Riau. 

Dalam konser kali ini, Riau Rhythm menampilkan orkestra bertajuk "Awang Menunggang Gelombang". Konser diawali dengan gladi resik (GR), Kamis tadi malam. Segenap keluarga besar Riau Rhythm, sahabat dekat dan awak media, hadir menyaksikan GR ini. 

Tema "Awang Menunggang Gelombang" merupakan sebuah pencarian sejarah bahwa di masa lalu, yakni tentang seorang pelaut dari tanah Melayu yang berjuang melawan gelombang mengelilingi bumi. Dia adalah seorang lelaki bernama Awang. 

Pimpinan Riau Rhythm, Rino Dezapati, mengatakan, tema ini dipersembahkan melalui sebuah komposisi instrumental berlaras khas Melayu, berkisah tentang Panglima Awang dari Melaka pada abad ke-16.

''Konser ini terlaksana berkat dukungan dan kerja sama dengan Kemendikbud melalui program Fasilitasi Kebudayaan tahun 2020. Alhamdulillah, semoga semua berjalan lancar,'' kata Rino. 

Di masa pandemi, konser ini menjadi pengobat rindu, khususnya bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Karena pandemi juga, konser ini hanya boleh disaksikan 230 penonton untuk satu kali konser dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, jaga jarak dan wajib menunjukkan surat keterangan hasil rapit test bagi masyarkat luar Kota Pekanbaru.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER