Kanal

Kuflet dan Rumah Sunting Bahas Literasi dan Seni

PADANG PANJANG (Sunting.co.id) - Komunitas Seni Rumah Sunting Pekanbaru bertandang ke sekretariat Komunitas Seni Kuflet di Padang Panjang, Sabtu (24/2/2024). Kedatangan tim Rumah Sunting disambut pimpinan Kuflet dr Sulaiman Juned. 

Sebelum bertandang ke sekretariat Kuflet, Rumah Sunting dan Sulaiman Juned sudah bertemu dan ngopi bareng di RB Rimba Bulan pimpinan Muhammad Subhan. Mulai dari tempat ini sampai ke sekretariat Kuflet, antara pembina Rumah Sunting Kunni Masrohanti dan Sulaiman Juned, terus membahas perkembangan literasi dan  seni khususnya teater, baik di Riau, maupun Sumatera Barat. 

Setibanya di Sekretariat Kuflet, Kunni dan tim Rumah Sunting disambut  oleh Sulaiman Juned dan istri. Istimewanya lagi, Kunni dan Rumah Sunting dapat hadiah buku terbaru karya Sulaiman Juned berjudul Teater, Memungut Gagasan Tradisional Jadi Karya Modernitas.  

"Semangat terus Kunni, semangat terus Rumah Sunting dan selamat membaca buku ini," kata Sulaiman Juned saat menyerahkan buku itu kepada Kunni 

Sulaiman Juned juga menyampaikan bahwa tahun depan Kuflet akan melaksanakan festival teater se-Sumatera dengan tema lingkungan hidup dengan sistem kurasi yang ketat. Setiap yang lolos kurasi direncanakan akan mendapatkan bantuan dana produksi 

"Festival teater ini memang dengan sistem kurasi, tidak banyak tapi kerkualitas. Semoga bisa terlaksana tahun depan sesuai rencana. Semoga juga Rumah Sunting bisa membersamai," kata Sulaiman Juned. 

"Apa yang disampaikan Sulaiman Juned langsung ditanggapi Kunni. Bahkan ia dan Rumah Sunting akan bersiap menuju festival teater yang direncanakan Kuflet, apalagi temanya sangat cocok dengan Rumah Sunting yaitu tentang konservasi dan lingkungan hidup. 

"Semoga kami bisa ikut festival teater yang direncanakan Kuflet, kami akan bersiap, insyaallah," balas Kunni pula. 

Kehadiran Kunni ke sekretariat Kuflet memang untuk kembali mengeratkan silaturahmi yang sudah terjalin selama ini, sambil terus menggali kedalaman teater di sana. Sebelum Silaturahmi Literasi ini, Kunni dan tim melakukan perjalanan pendakian ke Gunung Talang yang pernah dijadikan lokasi peluncuran buku Puisi Para Pendaki tahun 2020. 

"Sudah sampai ke Padang Panjang, ya harus singgah juga ke sekretariatnya Kuflet, meski sudah bertemu di tempat lain. Apalagi ada kesempatan. Itulah hebatnya silaturahmi agar semangat berkesinan dan literasi terus membara. Khususnya semangat berteater," kata Kunni.(*)
 

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER