Keluarga Mahasiswa Antropologi UGM Gelar AnthroFest 2022

Selasa, 22 November 2022

Salah satu performance dalam AnthroFest 2022 yang dilaksanakan Keluarga Mahasiswa Antropologi UGM, Yogyakarta. FOTO SUNTING

YOGYAKARTA (Sunting.co.id) - Keluarga Mahasiswa Antropologi Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Anthopology Festival (Festival of The Unseen) 2022 dengan tema Seeing Ourselves in Others. Kegiatan yang berlangsung mulai 21-25 November 2022 ini berlokasi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Kegiatan-kegiatan selama rangkaian acara AnthroFest 2022 meliputi pameran seni yang menampilkan instalasi dan seni lukis, contributor talks, talkshow, pentas seni hingga bedah buku.

“Menurutku tema Seeing Ourselves in Others diangkat karena sering kali banyak isu-isu yang jarang dibicarakan dalam obrolan santai. Maka dari itu, di sini AntrhoFest 2022 mencoba menunjukkan kepada masyarakat  antropologi itu memihak kepada masyakarat marjinal. Kita melakukan pendekatan dengan orang-orang dengan cara memvalidasi perasaan mereka dalam cerita-ceritanya, tidak sekadar mendengar, tapi juga memposisikan diri,” Ujar Aufa, salah satu panitia pelaksana.

Acara AnthroFest 2022 dilaksanakan secara gratis dan dapat dikunjungi oleh khayalak umum. Pada tanggal 24 November 2022 akan dilakukan bedah buku “Jatisaba” karya Ramayda Akmal dalam rangkaian “Stories of Dehumanization”. 

Penutupan AnthroFest dilaksanakan 25 November yang diramaikan oleh beberapa penampilan yaitu Kawanan, Niskala, Sunlotus, Port moresby dan Jathilan x dj. Informasi lebih lanjut dapat dikunjungi melalui laman instagram @anthrofest.ugm.(*)