DKR Tetapkan Pemenang Laman Cipta Sastra, Diumumkan 20 Oktober

Rabu, 19 Oktober 2022

Juri Laman Cipta Sastra Kunni Masrohanti, Hang Kafrawi, Syaukani Alkarim, Jefry Almalay, Selasa (18/10/2022). FOTO SUNTING

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Pemenang Laman Cipta Sastra Dewan Kesenian Riau (DKR) 2022 sudah ditetapkan, Selasa (18/10/2022). Penetapan tersebut ditetapkan langsung oleh dewan juri dari masing-masing cabang lombag, yakni, cerpen, puisi dan naskah drama.

Sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan panitia pelaksana sebelumnya, diperoleh enam pemenang dari tiap cabang lomba yang terdiri dari juara pertama, kedua, ketiga dan tiga non rangking.

Adapun jumlah naskah sastra yang masuk mencapai 137 naskah yang terdiri dari 64 naskah puisi, 53 naskah Cerpen dan 20 naskah drama.

Ketua Komite Sastra DKR Siti Salmah, mengatakan, semua naskah yang sudah masuk membuktikan semangat literasi di Riau sangat mengembirakan.

“Kita berterima kasih kepada kawan-kawan penulis di Riau yang telah berpartisipasi mengikuti Laman Cipta Sastra DKR tahun 2022,” ungkapnya.

Terkait dengan pengumuman pemenang, lanjut Siti, akan diinfokan menggunakan sosial media DKR via Instagram dan Facebook Dewan Kesenian Riau pada tanggal 20 Oktober mendatang. Sedangkan pembagian hadiah akan dilaksanakan secara tatap muka di malam puncak dan apresiasi Laman Cipta Sastra pada 5 November 2022 di gedung DKR.

“Kami mengundang para penikmat sastra di Riau untuk hadir bersama di malam puncak tersebut. Tidak hanya pembagian hadiah, tetapi juga akan digelar pembacaan puisi oleh para sastrawan Riau,” terang Siti.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Riau, Taufik Hidayat, S.S alias Atan Lasak mengatakan, sangat mengapresiasi antusias para penulis Riau dalam berpartisipasi mengikuti Laman Cipta Sastra DKR 2022. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan DKR program kerja Komite Sastra DKR.

Diharapkan dengan kegiatan yang ditaja dapat memberikan laman kreasi bagi penulis sastra di Riau dalam mengembangkan dan memajukan sastra di Riau.

“Hal yang menggembirakan bagi Saya adalah peserta yang berpartisipasi sesuai dengan laporan yang Saya terima adalah penulis-penulis dari berbagai daerah di Provinsi Riau ini. Tidak hanya itu, banyak juga nama penulis-penulis baru yang bermunculan mengikuti ajang Laman Cipta Sastra DKR tahun ini. Ini tentu menggembirakan kita, terlepas itu nanti masuk kategori pemenang atau belum. Tapi paling tidak, inilah salah satu langkah DKR dalam mengupayakan untuk merangsang para penulis Riau untuk terus berkarya. Dan semua karya pemenang dari masing-masing cabang lomba akan dibukukan oleh DKR,” ungkap Atan Lasak. (rls/*).