Pj Bupati Minta Perbanyak Pustaka Desa dan PKBM di Kampar

Ahad, 18 September 2022

Pj Bupati Kampar Dr. Kamsol MM (kanan) bersama Camat Kampar Kiri Hulu Firdaus SPdi. FOTO IST

KAMPAR (Sunting.co.id) - Penjabat (Pj) Bupati Kampar Dr. Kamsol MM meminta kepada kepala desa di Kabupaten Kampar untuk membuka pustaka desa dan Puaat Kegiatan Masyarakat (PKBM). Hal ini disampaikan Kamsol, Sabtu (17/9/2022) saat pengukuhan 50 desa kreatif dan 50 desa menuju desa kreatif di Desa Tanjung Belit, Kampar Kiri Hulu.

"Kepada kepala desa, buka pustaka desa, dan PKBM. Fungsinya untuk anak-anak tak tertampung di sekolah normal, masukkan ke non formal. Bisa juga paket A, B dan C. Gunanya sama dengan sekolah biasa," kata Kamsol.

Dijelskan Kamsol, tahun 2023 ada 17 PKBM yang dikembangkan masyarakat di 17 desa. Ia berharap desa-desa lain juga akan mebuka PKBM yang sama. Desa bisa mengalokasikan untuk satu PKBM Rp50 sampai Rp75 juta, bahkan Rp100 juta.

"Untuk PKBM ini, desa boleh mengalokskan anggaran Rp50-75 juta, bahkan Rp100 juta. PKBM dibangun, masyarakat makin cerdas dan kreatif," kata Kamsol lagi.

Menyikapi hal ini, Camat Kampar Kiri Hulu,
Firdaus SPdi, menyambut gembira. Ia pun berharap agar desa-desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu bisa bergerak lebih aktif dan kreatif, termasuk dengan membuka pustaka desa dan FKBM.

"Tentu kami menyambut baik arahan Bupati terkait pustaka desa dan PKBM ini," katanya singkat.(*)