Pustaka Batimang Diresmikan, Kamsol: Majukan Literasi di Kampar

Rabu, 14 September 2022

Pj Bupati Kampar Dr Kamsol MM meresmikan TBM Batimag, Rabu (14/9/2022). FOTO SUNTING

KAMPAR (Sunting.co.id) - Penjabat (Pj) Bupati Kampar Dr. Kamsol MM meresmikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Batimang di Desa Ganting, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Rabu (14/9/2022).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati sangat bersemangat dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Syaiful Sanggam selaku inisiator dan pendiri TBM Batimang tersebut.

"Kepala desa boleh mengalokasikan dana desa untuk pustaka desa Rp20-50 juta, kalau tak salah Saya. Secara pribadi, sebagai penggiat pendidikan dan kepala daerah, Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Syaiful Sanggam. Kami berharap bukan hanya Syaiful Sanggam dan Batimang, semoga muncul TBM lainnya di setiap desa di Kampar ini," kata Pj Bupati petang itu.

Pj Bupati juga menyebutkan, bahwa literasi itu sangat luas. Mengkaji madu kelulut, bagaimana proses awal sampai akhir madu, itu juga perlu ditulis karena itulah yang kelak akan dibaca anak-anak.

"Itulah pentingnya membaca. Mudah-mudahan dengan adanya perpustakaan akan muncul gerakan-gerakan literasi di Kampar. Dulu kami pernah membuat gerakan membaca buku atau Gerbaku. Dengan membaca, mampu meningkatkan kegiatan menulis, bahkan mendongeng dan sebagainya," kata Kamsol lagi.

Syaiful Sanggam dalam sambutannya  menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati dan kepada semua pihak yang mendukung sehingga TBM Batimang lahir di tengah masyarakat.

"Kami sangat bangga karena Pj Bupati hadir di tempat kami dan meresmikan taman baca ini. Taman Baca ini lahir karena dorongan yang luar biasa, terutama Kak Kunni yang sudah berkali-kali ke sini dan memberikan 20 buku sebagai pondasi awal. Gas terus katanya. Tapi Saya bilang gassnya jangan terlalu kencang bisa keos Saya. Dan terimakasih juga kepada semua pihak yang mendukung mulai Kepala Dispersip, Kepala Desa Ganting yang luar biasa yang juga terus menyemangati," kata Syaiful.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah tinggal Syaiful Sanggam sekaligus jadi TBM Batimang ini juga dihadiri Kepala Dispersip Kampar Nurhasni, Kepala Balai Unilak Kurniwan MPd beserta rombongan, Ketua Forum TBM Zafri, dan lainnya.  Dimeriahkan juga dengan Calempong anak-anak dari Sanggar Bakilimek dari Desa Binuong di bawah asuhan Salman Aziz.(*)