Rumah Sunting Buka Donasi Buku Bacaan Periode Agustus-Oktober 2022

Selasa, 16 Agustus 2022

Ketua Harian Komunitas Seni Rumah Sunting, Yanda Rahmanto.

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Setelah  menyalurkan 900 buku bacaan sumbangan masyarakat akhir tahun lalu di Desa Cipang Kanan, Rokan IV Koto, Kabupaten Rohul, Komunitas Seni Rumah Sunting kembali membuka donasi buku bacaan. Kali ini untuk dua perpustakaan di Kabupaten Kampar.

Dua perpustakaan tersebut yakni, Pustaka Desa Kebun Tinggi, Kecamatan Kampar Kiri Hulu dan Pustaka Batimang, di Desa Ganting, Kecamatam Salo. Open donasi buku dilaksanakan selama tiga bulan, yakni periode Agustus hingga Oktober mendatang.

Ketua Harian Komunitas Seni Rumah Sunting, Yanda Rahmanto, menyebutkan, dua perpustakaan tersebut aaat ini sedang dalam proses pendirian atau baru cikal bakal. Tapi semangat membuka perpustakaan yang disampaikan pihak  pengelola, membuat Rumah Sunting ingin membantu percepatan terwujudnya perpustakaan ini.

"Hasil komunikasi aktif kami dengan pihak pengelola pustaka, membuat kami harus ikut ambil peran seperti yg sudah kami lakukan sebelumnya. Makanya dibuka donasi buku. Hanya khusus buku bacaan," jelas Yanda.

Disebutkan Yanda, Pustaka Batimang berada di lingkungan masyarakat. Begitu juga dengan Pustaka Desa Kebun Tinggi yang memang sangat diperlukan. Apalagi  desa ini terletak di perbatasan Riau-Sumbar dan tidak ada sinyal. Otomatis kehadiran perpustakaan dan buku bacaan sangat berguna dan dinantikan.

Kondisi Desa Kebun Tinggi hampir sama dengan Desa Cipang Kanan. Sama-sama di perbatasan Riau-Sumbar, hanya beda kabupaten.

"Rumah Sunting  terutama pembina kami sudah bertemu dengan Kepala Desa atau Pak wali Kebun Tinggi. Saat pertemuan itu, Pak Wali menyampaikan niat hendak membangun dan mewujudkan pustaka desa yang lebih baik. Kendalanya susah dapat buku bacaan. Kami berharap kepada masyarakat yang memiliki buku bacaan seperti buku agama, pengetahun umum, cerita, sastra, pertanian, perkebunan dan lain-lain, bisa disumbangkan melalui kami. Selagi di Pekanbaru, kami siap menjemputnya," kata Yanda lagi.(*)