Pertunjukan Puisi dan Musik Tradisi Ramaikan Gelar Kopi Gayo

Jumat, 22 Juli 2022

Suasana Gelar Kopi Gayo di halaman Perpusnas RI, Kamis (21/7/2022). FOTO IST

JAKARTA (Sunting.co.id) - Musara Gayo (Masyarakat Gayo Jabodetabek) bersama
Pemda Aceh Tengah dan Perpustakaan Nasional RI melaksanakan Gelar Kopi Gayo, Kamis (21/7/2022) di halaman Perpusnas Jakarta.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 21-23 Juli. Berbagai atraksi seni dan musik tradisi mewarnai kegiatan ini. Ada pembacaan puisi oleh para penyair, musik dan sebagainya.

Penyair yang tampil membacakan puisi dalam acara ini, antara lain, Devie Matahari, Herman Syahara, Ira Yusup, Ireng Halimun, Kurnia Effendi, Octavianus Masheka, Rini Intama dan Putra Gara. Selain mereka juga tampil Sanggar Matahari, Sanggar Pegayon, Sanggar Saatra Balai Pustaka dan La Goyas.

Acara berjalan lancar dan meriah dipandu host yang juga penyair asal Tanah Gayo, Fikar W Eda. Dengan gaya dan kostum khas Aceh, Fikar memandu acara dengan apik, santai dan gemilang.

"Sebagai warga asli Aceh, tentu Saya bangga dengan terlaksananya Gelar Kopi Gayo ini. Semoga ini bukan yang pertama, tapi ada terus setiap tahun sebagai upaya pelestarian terhadap tradisi Tanah Gayo," kata Fikar  yang juga Ketua Bidang Budaya Musara Gayo.

Fikar juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut, khususnya para seniman. Akibat kehadiran mereka, halaman Perpusnas beraroma Gayo sepanjang hari.(*)