Ular Python Dilepasliarkan di Kawasan Konservasi

Kamis, 12 Mei 2022

Tim pelepasliaran ular Balai BKSDA melepaskan ular python di salah satu kawasan konservasi di Riau, Kamis (12/5/2022). FOTO SUNTING.

KAMPAR (Sunting.co.id) - Dua ekor ular python kembali dilepasliarkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, Kamis (12/5/2022). Dua ekor ular ini serahan dari masyarakat Kabupaten Kampar dan Pelalawan.

Satu ular python sepanjang 6 meter dari masyarakat Simpang Kubu, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, diserahkan Rabu (11/5). Setelah ditangkap warga, kemudian diserahkan ke Balai BKSDA untuk dilepasliarkan.

"Agar ular ini tetap selamat, kami evakuasi dari warga Kampar untuk dilepasliarkan ke habitatnya," kata Hartono, Plh Kepala Balai KSDA.

Sedangkan ular python dari Kabupaten Pelalawan diserahkan warga Desa Bunut, Kabupaten Pelalawan sebulan lalu. Ular ini betina, sama dengan ular tangkapan warga di Kabupaten Kampar.

Sejak tiga tahun terakhir, Balai KSDA Riau sudah telah melepasliarkan 10 ular python. Di tahun 2020 ada 8 ekor, 2021 1 ekor, dan 2022 1 ekor.

"Ular-ular serahan warga ini kami lepasliarkan di kawasan konservasi," sambung Hartono.(*)