Puluhan Pemanjat Tebing Ikuti Sahur on The Wall

Ahad, 17 April 2022

Suasana panjat di Basecamp Wall Clambing, Panam, Pekanbaru, Sabtu (16/4/2022). FOTO SUNTING

PEKANBARU (Sunting.co.id) -
Mapala Sakai Universitas Riau (Unri) menggelar Sahur on The Wall bersama pemanjat-pemanjat tebing di Riau.  Kegiatan yang dilaksanakan di Wall Clambing Basecamp Panam, Pekanbaru, Sabtu-Minggu (16-17/4/2022) dinihari ini diikuti puluhan pemanjat dan ratusan pengamat.

Tempat yang terbuka, membuat suasana tengah malam di bulan Ramadan ini terasa akrab dan asyik. Karena memang baru dimulai pukul 23.00 WIB, saat ibadah tarawih sudah selesai dilakukan dan lebih mendekati jam-jam sahur.

Kondisi ini sesuai dengan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, yakni menjalin dan mempererat silaturrahmi sesama pencinta panjat tebing.

''Tujuan dari kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi, gembira bersama dan penuh semangat. Makanya tidak bersifat kompetisi. Ya sambil santai, cerita, ngopi dan sahur bareng. Makanya namanya Sahur on The Wall. Apalagi sudah lama tidak berkegiatan seperti ini karena pandemi,'' kata Ketua Mapala Sakai M Rafiq yang akrab disapa Hapiz.

Asyiknya lagi, panjat wall clambing kali ini berhadiah. Hal ini menambah suasana kebersamaan semakin akrab dan hangat. Ada 30  hadiah yang disiapkan panitia dengan kuota pemanjat 40 orang.

Meski hadiah 30, tapi kupon yang disiapkan tetap 40, sesuai dengan jumlah kuota. Artinya ada kupon yang kosong alias zonk. Kupon yang dipotong kecil-kecil ini kemudian ditempel di dinding wall oleh panitia sejak sore.

''Seluruh hadiah disiapkan oleh sponsor. Mapala Sakai pelaksana,'' tegas Hapiz.

Hadiah yang disediakan juga lumayan besar. Tak heran jika banyak pemanjat baik dari kalangan mahasiswa atau umum yang ikut. Mulai tenda dum isi empat dan dua, baju kaos, voucher belanja dari Rp100 ribu hingga Rp150 ribu, hingga hadiah kecil seperti teh botol sosro, bandana dan lain sebagainya.

Pendaftaran sudah dimulai secara online sejak seminggu lalu. Kemudian dilanjutkan di meja registrasi paniti di lokasi acara. Banyaknya peminat membuat meja panitia di samping kanan wall dan bersebelahan dengan dapur kopi terlihat terus ramai. Pendaftaran di meja panitia ini dibuka skitar pukul 21.00 WIB dan pukul 11.00 WIB tepat, panjat wall dimulai.

''Rata-rata pesertanya dari Mapala. Ada Unilak, UIR, Unri, sispala dan sekolah tinggi,'' jelas Ketua Panitia Pelaksana Ade Utama.

Dari Unilak ada Mapala Waradipa. Dari UIR ada MAPSI, Satwa Sahara dan Mafakum. Dari Unri ada Unetto, Humendala, KPA EMC2, Mapala Suluh, Primapala Sungkai,  dan Mapala Sakai sendiri, serta Natural dari STIE.

''Kami juga berharap kawan-kawan yang lain melaksanakan kegiatan di luar rutinitas, yang beda, unik dn asyik. Jadi kita-kita akan makin sering silaturrahmi,'' sambung Ade.

Kegiatan inipun disambut baik oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Pekanbaru, Bambang Zamri.

''Terimakasih kepada Mapala Sakai yang bersusah payah dan gigih melaksanakan kegiatan ini. Semoga terus menginspirasi,'' katanya.

Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua KONI Pekanbaru tahun 2019-2022 Anis Murzil ST, ketua cabang olahraga (cabor) KONI Pekanbaru dan juga dr. MS Rahmansyah selaku sponsor.

Selaku sponsor, Rahmansyah juga mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah pemuda pemanjat tebing.

''Saya antusias melihat kawan-kawan di sini yang penuh semangat melaksanakan olahraga. Meski puasa, ibadah, tapi olahraga tetap dilaksanakan. Ini sangat bagus. Menujukkan kita semua sehat, bebas narkoba dan semangat. Karena itulah saya hadir di sini,'' katanya.

Kegiatan berlangsung riang hingga waktu sahur. Meski hujan dan gerimis silih berganti, semangat peserta dan panitia tak pernah luntur.(*)