Rumah Tangga Kurang Mampu Dapat Sosialisasi Migrasi TV Digital dan STB Gratis

Senin, 28 Maret 2022

Direktur PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) serahkan bantuan.

PEKANBARU (Sunting.co.id) - tvOne sebagai penyelenggara multipleksing (MUX) di wilayah layanan siaran Riau-1 melaksanakan komitmen mengadakan dan mendistribusikan 5.007 unit Set Top Box (STB) gratis untuk rumah tangga kurang mampu di Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Senin 28 Maret 2022. 

Penyerahan dan instalasi STB ke rumah-rumah tangga kurang mampu ini disaksikan oleh Gubernur Riau Syamsuar, Walikota Pekanbaru H. Firdaus, Staf Khusus Menteri Kominfo Phillip Gobang, dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau Falzan Surahman. 

“Pembagian STB gratis bagi keluarga kurang mampu ini merupakan bukti komitmen VIVA Group melalui tvOne untuk menyukseskan ASO supaya jangan sampai ada warga Pekanbaru dan Kampar yang tadinya bisa menikmati siaran TV analog, begitu ASO tahap 1 pada 30 April 2022 nanti justru tidak bisa menerima siaran TV digital dikarenakan tidak memiliki STB,” tandas Direktur PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) Neil R. Tobing. 

Tak hanya membagikan STB, tvOne juga menyelenggarakan sosialisasi Analog Switch Off (ASO) agar masyarakat mengerti dan paham tentang migrasi siaran TV analog ke TV digital yang dilakukan dalam tiga tahap yakni: 30 April, 25 Agustus, dan 2 November 2022. Sesuai Peraturan Menteri Kominfo No. 6 tahun 2021, ada dua wilayah layanan siaran di Provinsi Riau yang masuk ke dalam pelaksanaan  ASO  Tahap  I,  yakni  Riau-1  (Kota  Pekanbaru  dan  Kabupaten Kampar)  dan  Riau–4 (Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai). 

Untuk menyukseskan ASO tahap I pada 30 April 2022 di wilayah layanan siaran Riau-1, tvOne sudah membangun site MUX yang telah melayani lebih dari 80 persen populasi Riau-1 yang meliputi Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Gubernur Riau menyambut gembira pembagian STB gratis dan sosialisasi migrasi siaran TV digital yang diselenggarakan tvOne. 

“Masyarakat Indonesia, dalam hal ini khususnya masyarakat Riau, masih banyak yang menggunakan televisi analog sehingga kami menyambut baik pembagian STB gratis bagi keluarga kurang mampu dari tvOne selaku penyelenggara MUX. Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan lagi sosialisasi ASO agar masyarakat paham. Pemprov Riau siap membantu Kemkominfo meningkatkan sosialisasi ASO,” kata Syamsuar. 

Para penerima STB gratis adalah rumah tangga kurang mampu pemilik pesawat televisi analog yang ditentukan Kemkominfo berdasarkan database Kementerian Sosial Republik Indonesia. Data rumah tangga kurang mampu penerima STB tersebut menjadi acuan bagi penyelenggara multipleksing   untuk membagikan STB gratis.(*)