Syukuran, PWI Gelar Kenduri Makan Berhidang dengan Anak Yatim

Sabtu, 19 Maret 2022

PWI Riau gelar makan berhidang di Panti Asuham Assiddiqiyahj, Kabupaten Siak, Sabtu (19/3/2022).FOTO PWI RIAU

SIAK (Sunting.co.id) - Panti Asuhan Assiddiqiyah, Kabupaten Siak menjadi lokasi kenduri makan berhidang yang dilaksanakan PWI, Sabtu (19/3/2022). Kenduri ini dilaksanakan sebagai tanda syukur atas perayaan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT PWI ke-76.

Makan berhidang ini, kata Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, tradisi orang Melayu. Makan dilaksanakan secara bersama-sama, duduk bersila secara berhadapan. Sedang hidangan berupa lauk pauk diletak di atas talam. 

Dari waktu ke waktu bentuk talam hidangan makin berubah. Dari talam biasa tanpa tudung saji, kemudian menjadi menggunakan tudung saji. Bentuk tudumg sajinya juga berubah-ubah. Semakin hari semakin menarik sesuai dengan estetika kekinian. 

Dalam makan berhidang ini juga dilengkapi dengan buah, kue tradisional seperti kue kasida, bolu kemojo dan sejenisnya serta mangkok cuci tangan. Sebelum makam, diawali dengan doa yang dibuka dengan pantun dan petatah petitih. 

"Jadi, begitu makanan sudah terhidang, semuanya makan bersama. Duduknya pun lesehan atau bersila. Alhamdulillah kita bisa melaksanakan syukuran dengan makan bersama anak yatim. Semoga berkah dan bermanfaat," kata  Zulmansyah dalam sambutannya.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini banyak kalangan yang sibuk mencari format yang ideal tentang bagaimana mencegah disintegrasi.

Padahal, kalau dipikir-pikir, ternyata banyak sekali budaya dan kearifan lokal yang sebenarnya mengajarkan nilai persatuan, saling menghormati serta membentuk gotong-royong dan saling membantu.

"Nah, salah satunya dengan makan berhidang. Di situ semuanya diajarkan. Karena itulah makan berhidang ini kita buat. Rencana awalnnya di Pekanbaru, tapi karena level PPKM naik, kita buat di Siak," ujar pria yang akrab disapa Bang Zum tersebut.

Acara makan berhidang ini dilakukan bersama anak-anak yatim Panti Asuhan Assidiqiyah. Puluhan anggota PWI Riau dari berbagai kabupaten/kota se-Riau juga hadir di aula panti asuhan itu. Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari beserta istri juga hadir dan ikut menyantap makanan yang dihidangkan. 

Tidak ketinggalan, hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman dan Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni ikut menikmati makan berhidang tersebut.

Ketua Umum PWI, Atal Sembiring Depari pun memuji acara kenduri itu. Bahkan, kata Atal, konsep memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak sangat bagus.

"Semua kegiatan yang dibikin di Siak ini, tak ubahnya HPN di Kendari 9 Februari lalu. Ada kegiatan pendidikan, budaya, UMKM dan lainnya. Ini sangat bagus," ujar Atal.(*)