Merpati yang Menghibur di Halaman Mesjid

Sabtu, 30 Oktober 2021

Wisatawan bermain dengan burung Merpati di halaman Islamic Center, Pasirpengaraian, Rohul. (Foto Sunting)

ROHUL (Sunting.co.id) - Asyiknya bermain dengan ratusan burung Merpati yang jinak. Inilah yang dirasakan wisatawan ketika berkunjung ke Mesjid Raya di Pasirpengaraian. Banyaknya hal yang bisa dilihat, dan dipelajari serta merupakan mesjid termegah di sini, membuat mesjid dan kawasan ini diberi nama Islamic Center. 

Kehadiran burung-burung Merpati ini menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga senang bermain dengan burung ini. Diberi makan, burung datang, lalu terbang serentak saat pengunjung menghentakkan kaki dan mengibaskan tangan. Sungguh seru. 

''Ya, asyik saja bermain dengan burung-burung ini. Apalagi jumlahnya banyak. Istirahat sambil salat di mesjid ini, lalu bermain dengan burung. Rasa tak mau pulang,'' kata Arty salah seorang pengunjung. 

Makanan burung berupa jagung kering bisa dibeli di pintu masuk mesjid. Satu bungkus kecil dijual dengan harga Rp10 ribu. Tapi, isinya cukup banyak. Cukup puas untuk bermain dengan burung setelah jagung-jagung ini dilempar ke halaman mesjid. 

Selain bermain dengan burung, wisatawan juga bisa melihat uang kuno, belanja pakaian dan melihat kemegahan Islamic Center dari berbagai sisi. Tak heran jika mesjid ini menjadi salah satu tujuan destinaai wisata di Riau yang dikunjungi banyak wisatawan dari negeri tetangga.(*)