Wabup Rohul: Kami Dukung FKDM Sesuai Peraturan

Sabtu, 23 Oktober 2021

Pengurus FKDM Riau bersama Wakil Bupati Rohul H Indra Gunawan, Jumat (22/10). Foto Sunting

ROHUL (Sunting.co.id) - Wakil Bupati Rohul H Indra Gunawan, JumaSuntingt (22/10) menyambut kehadiran pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Riau dan Rohul di kediamannya. Pertemuan singkat sebelum Salat Jumat itu, memberi solusi terang, khususnya bagi FKDM Rohul untuk menjalankan perannya. 

''Saya ini dari dulu suka berorganisasi, sampai sekarang. Organisasi-organisasi ini layak diperhatikan dan didukung agar bisa menjalankan perannya, termasuk FKDM Rohul khususnya. Tentu harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Begitu juga soal anggaran,'' kata Bupati yang akrab disapa Ujang Lurah ini. 

Pertemuan di ruang belakang rumah kediaman itu dihadiri segenap pengurus FKDM Rohul. Sedangkan pengurus FKDM Riau dipimpin langsung oleh ketua Data Wardana dan tiga anggota lainnya. Dihadiri juga Plt Kesbangpol Rohul Irvandi S.Sos M.IP. 

Wabup juga menjelaskan, untuk FKDM Rohul harus digerakkan, apalagi tugasnya membantu pemerintah. Ia meminta agar terkait anggaran dikomunikasikan dengan Kepala Kesbangpol. Katanya, semua diawali dengan niat baik FKDM sendiri dalam menjalankan perannya mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga desa. 

''Harapan saya, hubungan ini jangan sekali ini saja. Di Rohul atau di Pekanbaru harus ngopi sambil berdiskusi. Untuk Rohul, majukan FKDM,'' sambung Wabup. 

Siang itu, Ketua FKDM Riau, Data Wardana menyampaikan beberapa hal kepada Wabup. Di antaranya tentang peran FKDM  dalam membantu pemerintah terkait informasi Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG).

''FKDM ini organisasi bentukan pemerintah yang tugasnya membantu pemerintah untuk mendapatkan informasi-informasi terkait ATHG, termasuk di masing-masing daerah,'' beber Data. 

Khusus untuk FKDM Rohul  tahum 2022 sudah bisa menjalankan perannya dengan lebih maksimal karena Pemkab Rohul melalui Kesbangpol sudah mengalokasikan anggaran operasional. 

''Untuk tahun depan, FKDM Rohul sudah kita alokasikan anggaran operasionalnya. Untuk pembentukan di tingkat kecamatan hingga desa, buat saja dulu. Berkerja dulu,'' ungkap Plt Kesbangpol, Irvandi. (*)