Wak Mamat:Ascender, Pengusaha Muda yang Bersemangat

Ahad, 03 Oktober 2021

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rachmat alias Wak mamat saat sharing bersama Ascender, Minggu (3/10) di TWA Desa Buluhcina. (Foto Ascender for Sunting)

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Association Rent Outdoor Equipment Riau (Ascender) menggelar Ascampreneur atau Ascender Camping Interpreneur, Sabtu dan Minggu (2-3/10). Kegiatan yang dipusatkan di Desa Buluhcina ini juga diwarnai dengan diskusi bersama Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Toni Rachmat. 

''Kegiatan seperti bagus. Namanya di alam, ya seperti ini. Ascender ini pengusaha muda yang bersemangat. Namanya usaha, ada naik turun, ada pasang surut. Apalagi pandemi, semuanya terdampak. Itu biasa. Apalagi ini anak-anak muda, harus tetap semangat. Perkuat kelembagaan dan usahanya masing-masing dengan cara yang disepakati. Jadi dua-duanya dapat,'' kata Kadis yang akrab disapa Wak Mamat ini. 

Wak Mamat terlihat santai dan sangat akrab. Selalu berseloroh tapi tetap serius. Bahkan ingin tahu yang mana saja pengusaha perentalan alat outdoor ini, ia menanya satu persatu. Lalu ia memberi banyak masukan bahkan solusi. 

''Perkuat kelembagaan Ascender ini, Statusnya bagaimana, pengurusnya siapa saja. Kalau sudah lengkap, mana tau ada rezeki, bisa kami arahkan ke Ascender,'' sambungnya lagi. 

Diskusi yang dilaksanakan Minggu pagi itu, juga dihadiri penggagas Literasi Konservasi serta aktivis lingkungan, Kunni Masrohanti. Sedangkan 12 anggota Ascender, semuanya hadir dengan perwakilan. Mayoritas rental peralatan outdoor dan jasa seperti guiding dengan cara open trip, tapi ada juga penyedia pakaian lapangan dan laundry peralatan outdoor. Bahkan ada yang open trip ke luar Sumatera seperti ke Gunung Rinjani. 

12 pengusaha rental peralatan outdoor tersebut, yakni, Union Adventure, Shelter Adventure Riau, Cendana Outdoor, Jack Wild Outdoor, Kaparak Outdoor, Riau Outdoor, Dreams Outdoor, Roemah Petoealank Rent Outdoor, Sevensky Outdoor, Tan Malala Adventure, Lighture Outdoor danKurinci Outdoor. 

Ketua Ascender, Yonaldi Saputra, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan memang untuk membangun semangat kekompakan seluruh anggota Ascender. Selain itu juga untuk tetap berada di dalam satu persepsi yakni, cinta dan menjaga lingkungan dengan  berbisnis. 

''Alhamdullah Ascampreneur ini bisa terlaksana, dan ini baru pertama kali kami buat. Kawan-kawan bersemangat. Untuk menjaga semangat itu sambil terus belajar, kami sepakat membuat kegiatan ini. Ya, berusaha terus menjaga lingkungan tapi sambil berbisnis,'' jelas Naldi.

Sekretaris Ascender, Muhammad Aprianda, menambahkan, saat ini Ascender terus bergerak dengan memperbanyak relasi dan jaringan serta anggota. Bukan hanya di Pekanbaru saja, tapi juga kabupaten/kota lain. 

''Saat ini anggota Ascender baru pengusaha rental perlengkapan outdoor yang ada di Pekanbaru, tapi insyaallah nanti akan bertambah, termasuk kawan-kawan di luar Pekanbatu,'' katanya pula.(*)