HUT Kabupaten, Penggiat Seni Rohil Akan Gelar Perayaan Hari Puisi di Pulau Jemur

Jumat, 20 Agustus 2021

Penggiat seni Kabupaten Rohil saat membahas rencana perayaan Hari Puisi Indonesia di Pulau Jemur, Kamis (19/8) di Bagan Siapiapi.

ROHIL (Sunting.co.id) - Puluhan penggiat seni Kabupaten Rohil bakal turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Pemkab pada Oktober mendatang dengan menggelar Perayaan Hari Puisi Indoneaia (HPI). Perayaan ini direncanakan akan dihadiri oleh penyair-penyair Riau. 

Rencana besar tersebut sudah disusun saat penggiat seni yang aktif di berbagai komunitas ini menggelar rapat bersama Kamis malam (19/8) di Bagan Siapiapi. Pertemuan tersebut juga dihadiri seniman dan penggerak perayaan HPI di Riau, Kunni Masrohanti. 

''Sudah lama kami bermimpi membuat kegiatan seni tingkat provinsi di Pulau Jemur. Salah satu tujuannya untuk mengekaspos surga tersembunyi di Rohil ini. Karena pandemi, selain offline, kegiatan ini juga dilaksanakan secara virtual, ditayangkan di  medsos,'' ungkap Al Rakhim Sekha, penggiat seni di Rohil. 

Dalam rapat tersebut direncanakan, kegiatan yang dilaksanakan sempena HUT Pemkab Rohil itu, dengan dua tahapan. Pertama, pra kegiatan dan kedua, puncak kegiatan. Kegiatan diawali dengan lomba cipta dan baca puisi tingkat kabupaten, dilanjutkan dengan perayaan di Pulau Jemur. 

Untuk lomba cipta dan baca puisi, tema yang direncanakan adalah Budaya dan Konservasi dengan sub tema yang ditentukan kemudian. Tapi, setiap peserta wajib menggunakan pakaian khas daerah dengan background tempat wisata atau tempat bersejarah di Rohil. 

Pada puncak perayaan di Pulau Jemur, selain ada panggung seni secara khusus, juga direncanakan pembuatan video klip lagu Pulau Jemur. 

''Karena pandemi, kami akan melaksanakan kegiatan ini dengan prokes yang sangat ketat. Kami berharap rencana kegiatan ini didukung oleh Bupati,'' kata Agus pula. 

Sementara itu, Kunni yang juga Ketua Penyair Perempuan Indonesia (PPI), sangat mendukung rencana besar itu. Bahkan ia siap hadir untuk meramaikan.

''Pulau jemur itu bukan hanya aset Rohil atau Riau, tapi juga Indonesia. Kita harus sama-sama menjaga dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Perayaan HPI sempena HUT Rohil di Pulau Jemur, saya melihat inilah cara seniman Rohil memperkenalkan aset kabupaten mereka. Dan rencana ini harus didukung bersama terutama Pemkab Rohil karena untuk sampai ke Pulau Jemur itu perlu banyak biaya,'' kata Kunni yang juga seorang jurnalis.(mde)