Gabungan Komunitas Tanam Pohon di Tepian Sungai Subayang

Selasa, 17 Agustus 2021

Gabungan komunitas menanam pohon di tepian Sungai Subayang, Desa Padang Sawah, Selasa (17/8/2021). Foto mayarakat For Sunting.co.id

KAMPAR (Sunting.co.id) – Sempena peringatan HUT RI  ke-76 tahun 2021, beberapa komunitas melakukan penanaman pohon di pinggir Sungai Subayang, Desa Padang Sawah, Selasa pagi (17/8/2021).

Jenis pohon yang ditanam adalah jati, mahoni dan pulai. Adapun komunitas yang tergabung antara lain, AmBHAnG, Trabas Padang Sawah, KKN UNRI, Papala Padang Sawah dan Pemerintahan Desa Kenegerian Padang Sawah.

“Penanaman pohon ini kami lakukan untuk mengantisipasi abrasi yang terjadi di Sungai Subayang,'' kata Eko Prasetyo (21) selaku Koordinator KKN UNRI 2021, Desa Sungai Liti.

Pandemi saat ini tidak menghalangi komunitas-komunitas ini untuk melakukan hal-hal positif, terkhusus di hari kemerdekaan RI. 

“Walau dalam suasana pandemi, namun semangat kami untuk menyambut hari kemerdekaan tidak kendor. Kami mencoba meneduhkan tepian Subayang dengan menanam pohon,'' kata Hasrul zani (30) selaku Ketua Papala Padang Sawah.

Harapan lain dengan kegiatan ini juga disampaikan peserta aksi tanam pohon tersebut. 

“Kami berharap  pohon yang kami tanam ini tumbuh dengan subur, memberikan manfaat kepada masyarakat untuk berteduh sambil memancing ikan di Sungai Subayang,'' harap Refly Wahyudi (23), selaku ketua Komunitas AmBHAnG.

Hal senada juga diungkapkan Zoni Putra (25) anggota Trabas Padang Sawah yang terlibat langsung dalam aksi tersebut. 

“Kami sangat semangat  dan antusias untuk bisa bergabung dalam kegiatan ini. Kami memang fokus melaksanakan kegiatan seperti ini di desa-desa yang punya lahan kosong tapi dibiarkan saja. Nah, sekarang kebetulan di kampung dan ditambah lagi momennya hari kemerdekaan, jadi rasa nasionalis dan kecintaan lingkungan itu menjadi satu,'' ' jelas Zori. 

Di tempat terpisah, Sunting.co.id menemui perwakilan pemerintah Desa Kenegerian Padang Sawah Ilham Riko (24), selaku sekdes ( sekretaris desa). Riko sangat mendukung kegiatan tersebut. 

''Kami sangat mendukung apa yang dilaksanakan oleh gabungan komunitas ini dengan menanam pohon di pinggir Sungai Subayang, supaya lebih indah dan teduh,'' ujar sekdes yang masih muda ini.(Kmn)