Balai Besar KSDA Riau Laksanakan Vaksinasi, Utamakan Pers

Ahad, 18 Juli 2021

Balai Besar KSDA Riau melaksanakan Vaksinasi massal untuk masyarakat dan insan pers di Kantor Balai BKSDA Riau, Rabu (17/7/2021). (BBKSDA Riau For Sunting.co.id) .

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Setelah sukses melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk 100 orang, Rabu (17/7/2021), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, berencana akan kembali  melaksanakan vaksinasi tersebut. 

Vaksinasi gelombang dua ini belum ditetapkan pelaksanaannya karena ketersediaan vaksin di Pemko Pekanbaru belum ada. Meski begitu, vaksinasi gelombang dua ini merupakan niat besar untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan program vaksin dan membantu masyarakat yang belum sempat vaksin. 

''Saat ini masih menunggu vaksin tersedia di Pemko Pekanbaru, jadi belum bisa dilaksanakan lagi. Kami masih menunggu kedatangan vaksin tersebut. Jika sudah ada, baru kami tentukan jadwal berikutnya. Semoga bermanfaat bagi masyarakat,'' kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono. 

Pelaksanaan vaksinasi di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Provinsi Riau ini merupakan kerjasama dengan Pemko Pekanbaru dan Kagama Kota Pekanbaru. Tidak lain dan tidak bukan untuk mendorong  percepatan program  vaksinasi bagi masyarakat. 

‘’Kegiatan vaksinasi Covid-19 sudah dilaksanakan Rabu kemarin untuk 100 orang. Kami berharap bisa diselenggarakan lagi untuk masyarakat umum, terutama warga sekitar dan insan pers," sambung Suharyono lagi.  

Vaksinasi pertama melibatkan tim medis atau petugas vaksinator sebanyak 5 orang dari RS Santa Maria Pekanbaru. Dari 100 peserta, 25 di antaranya tergolong remaja usia 12 sampai 18 tahun. 

Koordinator lapangan kegiatan vaksin, Hartono menyebutkan, sambil menunggu jadwal vaksinasi gelombang dua, pihaknya mulai mendata calon penerima vaksin. Untuk  peserta vaksin yang hadir nanti cukup membawa fotocopy KTP bagi yang sudah ada, dan fotocopy KK yang yang belum memiliki KTP. 

Untuk vaksin kali ini BBKSDA Riau akan mengajak para insan pers untuk vaksin bagi yang belum melaksanakannya. Mengapa insan pers, karena selain insan pers yang selama ini telah menjadi mitra yang baik untuk BBKSDA Riau, insan pers juga sangat rentan terhadap paparan virus Covid-19 dalam tugas mereka mencari berita, imbuhnya.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi yang kami laksanakan. Semoga semua lancar,'' harap Hartono. (*)