Kalong dan Pulau yang Berpindah di Danau Zamrud

Ahad, 29 November 2020

Pulau Besar di Danau Zamrud. (Foto Sunting)

Kalong dan Pulau yang Berpindah di Danau Zamrud 

SIAK (Sunting.co.id) - Mewah dan senyap. Barangkali inilah salah satu julukan yang pas untuk kemolekan Danau Zamrud yang tenang dan luas. Danau yang berada dalam kawasan konservasi ini berada di Kabupaten Siak Sri Indrapura. 

Selain memiliki permukaan yang luas, danau ini juga memiliki pulau-pulau. Ada pulau besar dan kecil. Uniknya, pulau-pulau ini bisa berpindah. Waww. keren bukan? 

Pulau ini adalah tanah rawa yang mengambang di atas danau. Besar dan menghunjam ke dalam tentunya. Bisa dibayangkan bukan betapa dalamnya danau ini.  

Tidak hanya itu. Di pulau besar ini juga hidup ribuan kelalawar besar atau kalong. Menghampiri pulau ini dengan menyusuri sungai kecil yang pas sebadan perahu, lalu berhilir ke wajah danau yang luas dan menepukkan tangan, maka keajaibanlah yang melintas di permukaan. Persis di atas wajah kita, ribuan kelalawar itu akan berterbangan. 

Keistimewaan Danau Zamrud yang lain adalah, danau ini menjadi rumah terindah bagi ikan arwana. Tapi dulu. Semakin hari, populitas ikan ini semakin hilang. Yang banyak ditemukan satlat ini adalah ikan tapah merah. Besar-besar. tak heran jika danau ini, selain menjadi sumber kehidupan satwa di sana, juga sumber kehidupan bagi para nelayan. 

Senja di Danau Zamrud juga luar biasa. Pantulan cahaya matahari yang jingga, membuat lebih ingin berlama-lama di atas perahu, sampai benar-benar gelap dan pulang ke basecamp tepian sungai rawa yang senyap. (*)