Inilah Delapan Rekomendasi Hasil Munsi III

Kamis, 05 November 2020

Tim Perumus Menyampaikan Hasil Rekomendasi Munsi IIi. (Foto Sunting)

JAKARTA (Sunting.co.id) - Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia (Munsi) III melahirkan delapan rekomendasi. Rekomendasi ini berasal dari puluhan usulan yang disampaikan peserta Munsi selama kegiatan tersebut berlangsung, 2-5 November, di Novotel Hotel, Jakarta. 

Semua usulan didasarkan pada tiga hal yakni pengembangan, pembinaan dan pelindungan. Disesuaikan juga dengan   tema Munsi III 'Memajankan Sastra Indonesia di Panggung Dunia'. 

''Rumusan hasil Munsi ini berdasarkan usulan-usulan yang disampaikan peserta melalui diskusi yang dibagi menjadi tiga kelompok,'' ujar Ketua Tim Perumus, Triyanto Triwikromo. 

Triyanto membacakan hasil rumusan dengan  didampingi 7 anggota di hadapan seluruh peserta Munsi baik tatap muka maupun Zoom Meeting saat penutupan dilaksanakan, Rabu malam (4/11). 

Anggota tim perumus tersebut, yakni, Sastri Sunarti, Fairul Zahadi, Seno Gumira Ajidarma, Maman S. Mahayana, Damhuri Muhammad, Kennedi Nurham, Djoko Saryono dan Kunni Masrohanti. Berjam-jam tim perumus ini berdebat panjang di ruang terpisah untuk menghasilkan rumusan terbaik. 

Delapan rumusan tersebut melingkupi, optimalisasi pengembangan ekosistem digital, optimalisasi penerjemahan karya sastra dan distribusinya, optimalisasi  pengembengan sastra untuk penyandang difabel, 
memperbanyak pelatihan untuk tenaga pendidik dan komunitas sastra, membuat senarai buku sastra, optimalisasi kualitas penyelenggaran Munsi, meningkatkan hak pelindungan kekayaan intelektual karya sastra dan moral penulis sastra, meningkatkan keterlibatan sastrawan dalam  
penyusunan dan pelaksanaan program pelindungan sastra. 

Selain itu, tim perumus juga merekomendasikan Munsi IV dilaksanakan tahun 2023 dengan tema Inovasi-Inovasi Sastra Indonesia Menuju Masa Depan. 

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Prof Endang Aminudin Aziz MA Ph.D, saat menutup Munsi tersebut memgucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Munsi yang hadir. ''Peserta Munsi sudah menyampaikan usulan-usulan terbaik untuk sastra Indonesia, maka tugas kami adalah mengawalnya untuk bisa direalisasikan,'' ujar Kepala Badan. 

Munsi III ini merupakan  kegiatan lanjutan dari Munsi I dan II YANG diikuti 137 peserta tatap muka da  61 peserta daring.(*)