Muang Tansi yang Seksi

Kamis, 29 Oktober 2020

Muang Tansi di Desa Koto Ruang, Kabupaten Rohul, Riau. (Foto Sunting)

ROHUL (Sunting.co.id) - Bumi yang membatu, merekah, lalu menjadi sungai kecil dan panjang. Sepanjang tepinya, tebing tinggi yang menjulang.

Muang Tansi, inilah keindahan yang tersembunyi itu. Air mengalir jernih di jantung sungai yang melekuk meliuk-liuk di tengah rimba.  Sungguh seksi. Di atasnya, batu-batu raksasa, menumpang diam dengan tenang.

Sebagian alir sungai ini, berlubuk dalam, sedalam dada orang dewasa. Sebagian yang lain dangkal, hanya setinggi betis. Dasarnya sebagian berupa batu, kerikil dan pasir putih, cukup panjang. Suasana yang sangat memgasyikkan bagi para pencinta alam dan wisata minat khusus.

Muang Tansi terbagi menjadi dua bagian; Muang Tansi Kanan dan Muang Tansi Kiri. Bentuknya sama. Hanya saja, Muang Tansi sebelah kiri lebih panjang, banyak batu-batu besar dan berujung tebing setengah goa.

Muang Tansi, menurut masyarakat tempatan, berarti nama sebuah penjara. Bentuk sungai serupa lorong dengan dinding batu, membuat tempat ini,  memang mirip penjara.

Dimanakah tempat indah nan seksi ini? Tempat ini berada di Desa Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rohul, Riau. Sekitar empat jam perjalanan darat dari Kota Pekanbaru. Dari Ujung Batu belok kiri, setelah Puncak Rokan atau sebelum Cipang Raya.(*)