Mahasiswa Unilak Juarai Lomba Literasi Tingkat Nasional

Selasa, 06 Februari 2024

Ahasiwa Unilak Riau, Melisa Rizka. FOTO IST

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Melisa Rizka Raih, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unilak meraih Juara 2 Grand Final Puteri Literasi Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2024 pada 2 Februari 2024 . Melisa mengikuti berbagai Kompetisi Akademik maupun Non Akademik selama menjadi mahasiswa. 

Pada semeter 4, Melisa mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kemendikbud RI di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Dilihat dari prestasi akademik, Melisa Rizka adalah tipe mahasiswa berprestasi baik akademik dan non akademik. 

Setelah selesai mengikuti PMM Kemendikbud RI, Melisa l aktif sebagai Putri Literasi dalam kompetisi tingkat Daerah di Pekanbaru dan Provinsi Riau. Tidak hanya itu, Melisa juga aktif di semua ajang kompetisi Puteri Literasi hingga kompetisi tingkat nasional. 

Menurut Melisa, prestasi yang diperoleh adalah sebuah perjuangan panjang dan konsistensi dalam raihan prestasi. Memadukan prestasi akademik dan non akademik adalah suatu linieritas yang harus diperjuangkan sebagai mahasiswa. 

"Untuk bisa berprestasi memang harus ada perjuangan yang tak biasa," kata Melisa. 

Melisa mewakili Riau setelah sebelumnya menjadi juara di tingkat provinsi di tahun 2023. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni, penguatan literasi digital bagi masyarakat, jadi ada kontribusi langsung. 

Di tingkat nasional ada tahapan pra karantina. Jadi di ajang ini bukan soal cantik, namun juga etika, adab, sopan santun, dan kepintaran. Ada debat juga, ada presentasi program kerja selama jadi pemenang  2023. 

"Alhamdulillah di Grand Final juara 2 tingkat nasional. Ada puluhan provinsi di Indonesia yang ikut mengirimkan mahasiswa di tingkat nasional ini. Terima kasih untuk pimpinan Unilak, fakultas dan seluruh teman-teman," ujar Melisa. 

Dekan FH Unilak, Dr Fahmi SH MH memberikan apresiasi kepada Melisa yang telah meraih prestasi tingkat nasional dalam ajang Puteri Literasi Nasional Tahun 2024. Fahmi berharap prestasi dapat membawa FH Unilak lebih dikenal luas di tingkat nasional. 

"Alhamduliah, kami sangat beryukur atas prestasi yang diraih oleh Melisa dan berharap dapat diikuti oleh mahsiswa yang lain," kata Fahmi. 

Wakil Dekan III FH Unilak, Irfansyah S.Pi, SH MH menyampaikan bahwa rasa syukur yang mendalam dan memberikan ucapan tahniah kepada Melisa karena prestasinya tersebvut. 

"Prestasi yang diraih melisa dapat membawa citra positif FH Unilak di kancah nasional," kata Irfansyah pula.(*)