Bersama Kunni Masrohanti, Pondok Belantara Gelar Pelatihan Menulis

Ahad, 24 Desember 2023

Kunni Masrohanti (jilbab krem) di antara para peserta pelatihan menulis karya sastra, Minggu (24/12/2023). FOTO SUNTING

KAMPAR (Sunting.co.id) - Menjelang pelaksanaan Desember Camp tanggal 28 hingga 30 Desember mendatang, Pondok Belantara menggelar pelatihan menulis karya sastra. Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Belantara, Siak Hulu, Kampar, 24 Desember ini menghadirkan jurnalis, aktivis lingkungan dan budaya Riau, Kunni Masrohanti. 

Eko Handyko Purnomo, pimpinan Pondok Belantara menyebutkan, kegiatan pelatihan menulis ini merupakan bagian dari Deaember Camp atau  Roadshiw to Desember Camp 2023. 

'Pelatihan menulis ini masih dalam rangka residensi dan lokakarya menjelang Desember Camp 2023 dengan tema Bermain, Belajar, Berbagi ke Rimbang baling. Ya, untuk mengisi kegiatan persiapan sekaligus melengkapi perbekalan menuju Desember Camp 2023 yang akan diadakan di Desa Tanjung Belit tanggal 28-30 Desember mendatang. Kami kedatangan salah seorang sahabat yakni kak Kunni Masrohanti. Beliau seorang aktivis lingkungan, penyair perempuan, penulis buku dan tokoh perempuan Melayu," kata Eko yang akrab disapa Kakang. 

Dikatakan Eko lebih lanjut, Kunni datang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang kesusastraan dan kepenulisan. Kunni membekali calon peserta Desember Camp untuk dapat menuliskan hasil pengamatan, pengalaman dan sumber-sumber inspirasi yang diserap dari kegiatan Desember Camp dalam bentuk karya sastra. 

"Semoga kita semua dalam kedaaan sehat dan dapat merealisasikan rencana-rencana yang telah dirancang, termasuk menerbitkan buku usai Desember Camp nanti," harap Kakang. 

Pada kesempatan itu, Kunni juga menaruh harapan besar agar peserta Desember Camp ke empat kali ini bisa menghasilkan karya tulis dalam bentuk karya sastra, baik puisi, cerpen atau pun esai. 

"Harapan besar itu adalah, bagaimana karya sastra yang diinginkan bersama dari perjalanan Desember Camp kali ini bisa terwujud sebagai sebuah dokumentasi  yang bisa dinikmati oleh bamyak orang" kata Kunni.(*)