Bertahan Tiga Hari di Puncak Marapi, Ilham Menyusul Almarhum Ayah dan Ibu

Rabu, 06 Desember 2023

Almarhum Iham Nanda Bintang saat tiba di Pekanbaru (6/8/2023). FOTO SUNTING

PEKABARU (Sunting.co.id) -  Ilham dengan nama lengkap Ilham Nanda Bintang, mahasiswa Fakultas Hukum semester VII Universitas Islam Riau (UIR), turut menjadi korban erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat, 3 Desember 2023. Setelah bertahan selama tiga hari tiga malam di Puncak Gunung Marapi, akhirnya Ilham pulang, tapi tidak untuk kembali. Ia pulang menyusul ayah dan ibu yang sudah meninggal dunia sejak SMP. 

Ilham melakukan pendakian Gunung Marapi 2891 mdpl bersama enam teman. Ada  Wilky, Adan, Nazatra, Aditya Sukirno Putra, Arbi Muharman dan Rido Kurniawan. Ilham, Wilky, Nazatra dan Adan meninggal dunia, sedang tiga teman lainnya mengalami luka dan dirawat di rumah sakit Sumbar. 

Kedatangan almarhum Ilham disambut haru oleh saudara dan sahabat-sahabatnya. Sejak sore mereka sudah menunggu di rumah duka di Jalan Sepakat, Kulim, Pekanbaru. Sedang almarhum tiba sekitar 18.30 WIB bersama ambulance Bukittinggi. Ilham didampingi abang pertamanya. Kakak ketiganya yang juga menjemput ke Bukittinggi sudah sampai di Pekanbaru tadi pagi. Sedang kakak keduanya menunggu di rumah sejak awal. 

"Ilham tinggal sama kakak, Saya tinggal di Panam, abang juga di rumahnya sendiri. Ayah dan ibu kami sudah tidak ada sejak Ilham SMP. Sejak itu dia ikut kakak. Doakan dan maafkan Ilham, ya," kata Ula, kakak kedua almarhum. 

Diakui Ula, Iham berangkat dan naik Gunung Marapi bersama kawan-kawannya sudah meminta izin. 

"Ilham ada minta izin mau naik gunung. Apalagi dia berangkat dengan kawan-kawannya," kata Ula lagi. 

Ilham berangkat mendaki dengan kawan-kawan nongkrong. Dua di antaranya kawan sekelas  di UIR, yakni Aditya dan Adan. Sedangkan yang lain, ada yang kawan saat SMA ada yang kawan main bola. Saat di rumah duka, kawan-kawan SMA, SMP hingga kuliah datang semua. 

"Ilham ini aktif di organisasi juga orangnya, sejak dari sekolah sampai kuliah. Kami semua dekat dengannya," kata Mira kawan satu SMA di SMA 10 Pekanbaru yang kini satu lokal di UIR. 

Diakui Mira, Ilham juga dekat dengan keluarga kawan-sependakian itu. Keluarga Adan kenal sama Ilham, begitu juga sebaliknya, Ilham sering ke rumah Adan. 

Ilham merupakan korban erupsi.Gn.Marapi Sumbar yang meninggal dan tiba di.Pekanbaru paling akhir.(*)