Puisi Karya Kunni Masrohanti Dibaca Dalam Giat Literasi Ragam Sanggar Sendayung

Sabtu, 17 Juni 2023

Seniman Riau Al Rahim Sekha saat jadi pelantikan dan membaca puisi karya Kunni Masrohanti dalam Literasi Ragam, Sabtu (17/6/2023). FOTO IST

KAMPAR (Sunting.co.id) - Sanggar Sendayung Sub.Bidang Teater menggelar Literasi Ragam di Flings Coffee SPBU Lipatkain, Kampar, Sabtu (17/6/2023). Berbagai pertunjukan seni seperti musik digelar di sini. Bahkan puisi berjudul.Perempuan Bulan karya Ketua Penyair Perempuan Indonesia Kunni Masrohanti asal Riau, turut dibacakan. 

Kegiatan yang mengundang beberapa siswa SMA N 1 Kampar Kiri, siswa MAN 3 Kampar dan Kelompok Perempuan Peduli Adat (KPPA) Lipatkain itu berjalan akrab dan hangat. Ada juga diskusi yang menghadirkan seniman Riau Al Rakhim Sekha dan perwakilan KPPA, Eva. 

Acara diawali dengan pembacaan puisi oleh beberapa siswa dan pengurus Sanggar Sendayung Sub .Bidang Teater Dea Anatra. Diiringi lagu yang dibawakan Vinna siswa SMA N 1. 

Hidayat yang sehari harinya adalah seorang kreator musik dan vokalis di Sanggar Sendayung berkolaborasi dengan pemusik Gunung Sahilan, Rozi Gunsai, mengiringi penyanyi dan pembaca puisi yang ada. 

Di Sesi tanya jawab atau diskusi yang di pandu oleh Dea Anatra mengundang Penggiat Seni; Atuk Aal Rahim Sekha. 

"Kami berharap agar kegiatan seperti ini terus secara kontiniu diadakan. Mulai dari pengenalan sampai pengajaran tentang seni tradisi lokal yang di dalamnya menyertakan adat tradisi tentang upacara-upacara adat di dalam masyarakat Lipatkain," harap Al Rakhim Sekha yang akrab disapa Tok Al. 

Dalam diskusi tersebut disetujui bersama untuk mengadakan kegiatan yang menggali dan belajar seni adat tradisi Lipatkain. Salah satu siswa MAN 3 Kampar berharap agar pengetahuan tentang seni tradisi ini segera dibuatkan wadahnya. 

"Kami juga sangat mendukung apa yang diharapkan para peserta acara. Saya sangat berterima kasih kepada siswa dan siswi SMA N 1 Kampar Kiri yang berharap bahwa Sanggar Sendayung Lipatkain mau membina mereka di sekolah. Dalam hal ini, Dea Anatra dan Anrico agar dapat kiranya menyampaikan kepada ketua dan pengurus Sanggar Sendayung," harap Tok Al lagi. 

Diujung acara, seniman Gunung Sahilan menampilkan permainan gitarnya yang apik sambil membawakan beberapa buah lagu. Lalu diiringi Mis Teti dengan tampilan yang sederhana yaitu membawakan lagu-lagu lawas lainnya. 

Pada penutupan acara Anrico yang mewakili pihak Fling Coffe SPBU Lipatkain mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara tersebut di lingkungan SPBU Lipatkain ini. Flings Coffee berharap bahwa adanya tempat ini bisa menjalin kerjasama yang saling menjaga keakraban di semua pihak.(rls/*)