Kunni Beberkan Kekayaan Budaya Kampar Saat Jadi Narasumber Dialog Kebudayaan Nasional di UGM

Selasa, 30 Mei 2023

Kunni Masrohanti di antara narasumber lain dan peserta usai Talkshow Kebudayaan Nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, MInggu (28/5/2023).FOTO IST

YOGYAKARTA (Sunting.co.id) - Tokoh  Budaya Riau, pegiat literasi dan perempuan aktivis Riau, Kunni Masrohanti, menjadi narasumber Talkshow Kebudayaan Nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Minggu (28/5/2023). Kegiatan yang dilaksanakan sempena Cultural Fest ini dihadiri ratusan mahasiswa UGM dan masyarakat umum. 

Dalam talkshow tersebut Kunni menjelaskan peran banyak pihak untuk menjadikan kebudayaan sebagai pondasi penting dalam membangun bangsa  terutama peran pemerintah daerah. Hal ini diungkapkan Kunni saat salah seorang peserta melontarkan pertanyaan seputar hal tersebut. 

"Pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek telah melahirkan UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Di sana disebutkan dengan jelas objek pemajuan kebudayaan. Ada 10 objek.Tinggal bagaimana pemerintah di masing-masing daerah menindaklanjutinya, termasuk dengan melahirkan Perda. Jadi peran pemerintah yang paling penting, harus peka, harus segera mengimplementasikan UU tersebut. Bagaimana pemajuan kebudayaan di setiap daerah bisa terwujud kalau regulasinya tidak jelas," beber Kunni. 

Pada talkshow yang mengusung tema "Meningkatkan Persatuan Bangsa Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Indonesia" ini, Kunni juga memaparkan upayanya dalam turut serta merawat kebudayaan Indonesia yang ada, khususnya di Riau dan Kabupaten Kampar. Kunni memutar video-video perjalanannya bersama Komunitas Seni Rumah Sunting yang didirkannya sejak tahun 2012 dan bersama Penyair Perempuan Indonesia (PPI) yang dinakhodainya sejak 2018. 

Selain Kunni, hadir sebagai narasumber DR Sindung Tjahyadi MHum selaku Direktur Kemahasiswaan UGM, Cesaria Eka Yulianti Sri Hastuti ST, MT selaku Kepala Bidang Industri Pariwisata Kota Yogyakarta dan Muhammad Ibnu Azzulfa S.Sos selaku Dimas DIY 2021. Talkshow ini dimoderatori oleh Syahrindra Restu Rahmadhani. 

Manajer SDM dan Pemasaran UGM
Harto Gunarto, S.T yang mengikuti talkshow sejak awal hingga akhir, mengapresiasi penuh kegiatan tersebut. 

"Cultural Fest ini diadakan setiap tahun dan ini yang ke-12. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya kami memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada mahasiswa UGM, khususnya bagi mahasiswa UGM Residen. Kali ini talkshownya tingkat nasional karena dihadiri narasumber Ibu Kunni Masrohanti yang konsisten di bidang kebudayaan, dan beliau dari Riau," kata Harto Gunarto.(*)