Di Riau, Perpusnas Gelar Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan Bersama Gol A Gong

Senin, 13 Maret 2023

Duta Baca Indonesia Gol A Gong di Perpustakaan Soeman HS, Senin (13/3/2023).

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar talkshow dan pelatihan kepenulisan di Kota Pekanbaru, Senin (13/3/2023). Kegiatan yang mengusung tema "Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat" menghadirkan Duta Baca Indonesia, Gol A Gong.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando, mengatakan, kegiatan ini salah satunya untuk meningkatkan semangat membaca dan menulis di tengah masyarakat serta meningkatkan kecintaan kepada perpustakaan.

"Semoga kegiatan talkshow dan pelatihan kepenulisan bersama Duta Baca Indonesia ini memberi manfaat dan memotivasi kita semua untuk meningkatkan minat baca," kata Syarif Bando.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama Duta Baca dan para penulis. Selain Gol A Gong, ada Kepala Perpustakaan Soeman HS Dra Mimi Yuliani Nazir APT MM, Fakhrunnas MA Jabbar dan Yuli Astuti selaku penerima manfaat perpusnas.

Pada kesempatan itu, Gol A Gong yang memiliki nama asli Heri Hendrayana Harris menyampaikan alasan besar mengapa membaca itu sehat menulis itu hebat. Katanya  karena membaca, dia menjadi sosok yang tidak canggung berjalan lurus dengan kepala tegak, dan dengan membaca dia sudah keliling ke 20 negara di dunia.

"Membaca membuat Saya bisa kemana-mana, keliling Indonesia dan dunia. Membaca dan menulis itu jihad, bisa menjadi mujahid. Dengan membaca menulis kita jadi hebat. Jangan banyak alasan untuk menulis dan membaca," kata Gol A Gong.

Diskusi juga diwarnai dengan tanya jawab dan bagi-bagi buku oleh Gol A Gong yang berani bertanya dan bicara. Maka peserta yang terdiri dari pelajar, guru, perwakilan mahasiswa, komunitas dan lebih 2000 peserta zoom itu berkhir hingga tengah hari. Selain di Pekanbaru, Gol A Gong juga akan ke Kabupaten Kampar dan bertemu dengan pelajar dan pegiat literasi di sana.(*)