Jaringan Teater Riau Korda Rokan Hulu Gelar Workshop Teater

Rabu, 08 Maret 2023

Peserta worlkshop teater di Rohul foto bersama. FOTO IST

  1. ROHUL (Sunting.co.id) -  Awal tahun ini sebuah helat yang bertajuk  Teater Goes To School menjadi sebuah pancaran keinginan yang kuat dalam membangun khasanah dan regenerasi kesenian dan kebudayaan. Kegiatan ini dklaksanakan Jaringan Teater Riau (JTR) Korda Rohul. Minggu (5/3) di Aula Islamic Center Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu.


Pola ini terus digalakkan sejak dini pada anak-anak kita. Hal ini berkait kelindan dengan gempuran media massa yang terus menjadi momok menakutkan mental para remaja.

Mereka memulai tahun 2023 dengan sebuah gelaran yang cukup berani. Hal ini bisa dilihat dari apa yang dipaparkan oleh Sanggar Tuah Negeri bekerjasama dengan JTR Korda Rokan Hulu. Semangat itu bukan hanya sebatas wacana, mereka berhasil dituntaskan oleh anak-anak jati Rokan Hulu dengan narasumber yang kapabel dalam bidangnya.

Di antaranya akademisi dosen ISI Padang Panjang yaitu Dr. Afrizal Harun, M.Sn. Dengan semangat ia menjabarkan tubuh keaktoran yang dimiliki seorang aktor teater. Puluhan peserta yang mengikuti workshop tampak antusias dan ikut menikmati setiap tunjuk ajar dari beliau.

Seperti yang diketahui, ISI Padang Panjang memiliki prodi jurusan teater dan ini merupakan sebuah langkah maju dalam membaca teater di Rokan Hulu.
Syahrizal Fadli, M.Sn yang juga merupakan Seniman Teater dari Rokan Hulu memberikan materi manajemen pertunjukan.

"Sebuah pertunjukan teater harus lahir dari sebuah pola organisasi yang rapi. Mereka pun duduk dan melingkar melihat bagian-bagian apa saja yang menjadi pendukung sebuah pertunjukan, bahwa pertunjukan bukan hanya apa yang tampak di panggung tapi jauh sebelum dan sesudah proses itu banyak tangan yang ikut andil dalam pertunjukan," kata Syahrizal.

Reni Juniarti selaku pimpinan Sanggar Tuah Negeri dan juga dinobatkan sebagai Ketua Korda Jaringan Teater Riau Rokan Hulu menyampaikan bahwa helat ini sudah dirancang jauh hari, melibatkan puluhan guru-guru dan siswa untuk hadir dan menjadi saksi bangkitnya teater di Rokan Hulu.

"Kegiatan ini sudah kami rancang sejak beberapa waktu lalu. Alhamdulillah bisa terlaksana dengan lancar," kata Reni singkt

Ketua JTR Riau Rian Harahap, mengaku bangga dengan kreatifitas yang dilaksanakan JTR Korda Rohil.

"Perkembangan teater di Rohil ini sangat luar biasa. Bahkan termasuk salah satu kabupaten yang sangat aktif teaternya. Ada saja yang dibuat. Semoga ini bisa dipertahankan terus," kata Rian.

Kunni  Masrohanti salah satu pegiat teater di Riau yang juga merupakan salah satu penasihat dari Jaringan Teater Riau mengatakan, bahwa, perkembangan teater di Rokan Hulu yang menyasar siswa-siswa di sekolah merupakan salah satu kerja konkret dalam membangun simpul-simpul dan melahirkan seniman baru.
Ia juga menambahkan bahwa kerja kebudayaan tidak akan pernah selesai.

"kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan kita yang peduli siapa lagi yang menjamah ranah ini,", kata Kunni.

Ia juga mengucapkan selamat kepada Reni Juniarti yang secara sah memimpin Jaringan Teater Riau Korda Rokan Hulu.(*)