Zein Tanjung Bawakan Batimang di Iven Budaya Jejamu Teluk Gong Rohil

Kamis, 23 Februari 2023

Zein Tanjung alias Udo Flozen

ROHIL (Sunting.co.id) -  Seniman dan Budayawan asal Malako Kociak Tanjung Beringin, Kecamatan Kampa Kiri Hulu,  Kabupaten Kampar, Zein Tanjung, membawakan sastra lisan Batimang di helat Jejamu Teluk Gong, Kepenghuluan Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rohil, Rabu (22/2/2023).

Lelaki yang akrab disapa Udo Flozen ini sempat membuat Bupati Rohil Afrizal Sintong S.IP megangguk-angguk mendengar suaranya yang merdu dan khas. Apalagi Batimang ini belum pernah didengarnya.

Saat Zein Tanjung membawakan Batimang, mikrofon sempat mati beberapa saat, bahkan cukup lama.  Meski Batimang ini dibawakan di penghujung acara usai makan bersama atau Jejamu, Bupati tetap duduk dan menunggu sambungan Batimang tersebut.

"Sangat enak disimak," kata Bupati kepada Sunting.co dan Ketua LAM Kecamatan Sinaboi Dt Rahmat Hidayat yang duduk di sebelahnya.

Disebutkan dan dijelaskan Zein Tanjung sebelum membawakan Batimang itu, bahwa, Batimang adalah sastra lisan dalam bentuk lagu yang dinyanyikan untuk menidurkan anak, khususnya di Kampar Kiri Hulu dan umumnya di Kabupaten Kampar.(*)