Kanal

Vorest Fest WALHI Riau Dibuka Dengan Diskusi Keadilan Iklim & Antargenerasi

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Voice for Ecological Justice Festival atau yang dipopulerkan dengan akronim Vorest Fest merupakan satu rangkaian festival yang diinisiasi WALHI Riau dan dilaksanakan selama dua puluh hari.

Featival ini sebagai tanda WALHI Riau akan memasuki usia ke-20 tahun pada Februari 2023. Festival ini berlangsung dari 21 November sampai dengan 10 Desember 2022.

Pembukaan kegiatan ini Senin, 21 November yang ditandai dengan diskusi bersempena Hari  Anak dan Hari Pohon Internasional. Keadilan iklim dan keadilan antargenerasi menjadi tema diskusi tersebut.

Even Sembiring, Direktur Eksekutif WALHI Riau menegaskan,

"Hadirnya Vorest Fest berangkat dari dua momentum penting, peringatan hari anak dan hari pohon internasional. Kedua hal ini butuh dirawat dan dijaga agar dapat tumbuh kokoh dan kuat," ujar Direktur Eksekutif WALHI Riau Even Sembiring saat pembukaan tersebut.

Bagi WALHI, sambung lelaki yang akrab disapa Boy ini, peringatan dua momentum ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk menjaga bumi, termasuk bumi Melayu Riau.

"Dua momentum ini menjadi pengingat posisi kita sebagai pewaris yang harus mewariskan dan mengajarkan kepada anak dan generasi muda untuk bersuara menuntut hak mereka atas lingkungan hidup yang baik dan sehat," sambung Boy.

Rangkaian kegiatan Vorest Fest yang akan berlangsung selama 20 hari tersebut akan ditutup tepat pada peringatan Hari HAM, yakni 10 Desember. Hal ini menjadi penanda hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, termasuk keadilan iklim dan antargenerasi, merupakan bagian dari hak asasi manusia, dan hak yang harus dituntut untuk dipenuhi negara.

WALHI Riau mengharapkan pasca penutupan nanti,  kegiatan mampu mendorong kelompok muda agar lebih berani menyuarakan suara tuntutan keadilan antargenerasi. Suara tuntutan ini tentu menyesuaikan dengan karakteristik kelompok muda, yakni bersuara mendorong perubahan dengan riang gembira dalam pemenuhan dan perlindungan hak asasi manusia yang nyata dan berani.

Pelaksanaan Vorest Fest akan diwarnai dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti tematik forum diskusi, workshop, mural, panggung seni, parade, hingga promosi pangan dan produk lokal. Selain itu, Vorest Fest akan diselingi rapat tahunan organisasi, Konsultasi Daerah Lingkungan Hidup (KDLH), yakni sebuah rapat evaluasi tahunan WALHI.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER