Kanal

Makan Bajambagh Hingga Turun Mandi, SMAN 7 Pekanbaru Laksanakan Merdeka Belajar di Kampar Kiri

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Sempena Program Merdeka Belajar, ratusan siswa, guru dan Kepsek SMAN 7 Pekanbaru menjelajahi budaya atau kearifan lokal masyarakat Kampar Kiri, tepatnya di Desa Sungai Liti dan Padang Sawah, Rabu (11/10/2022).

Dalam kegiatan yang dipercayakan kepada Komunitas Seni Rumah Sunting ini, 99 siswa, 9 guru dan Kepsek, mengikuti berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari Makan Bajambagh, edukasi Calempong, Silat, Kacau Kalamai, Turun Mandi, Batimang dan Edukasi Piaw (perahu mesin).

"Alhamdulillah, trip kedua Merdeka Belajar berjalan lancar. Siswa dan guru happy, tapi tidak boleh lupa dengan tugas utama dalam Jelajah Budaya ini, yaitu membuat laporan sesuai kelompok masing-masing dan nantinya akan dipresentasekan," kata Kepsek SMAN 7 Pekanbaru Dr Hj Nurhafni MPd.

Untuk sesi Makan Bajambagh, Kacau Kalamai, Calempong dan Silat, dilaksanakan di Desa Sungai Liti. Sedangkan Turun Mandi, Batimang dan edukasi piaw dilaksanakan di Desa Padang Sawah.

Kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh Kepala Desa Sungai Liti Zulfan Taufik, dan Kepala Desa Padang Sawah, Ali Lubis. Seperti Jelajah Budaya di Pulau Belimbing, Jelajah Budaya di Kampar Kiri ini juga menghadirkan narasumber berkompeten. Misal Turun Mandi, turun langsung sebagai dukun beranak yang ada di sana, yakni Ibu Sumarni.

"Tentu kami merasa bangga karena desa kami dijadikan destinasi Jelajah Budaya. Terimakasih SMAN 7, terimakasih Rumah Sunting. Semoga perjalanan di desa kami menyenangkan," kata Kades Padang Sawah Ali Lubis.

Sementara itu, Pendiri dan Pembina Rumah Sunting Kunni Masrohanti, menjelaskan, Jelajah Budaya memang merupakan program Rumah Sunting yang sudah dijalankan sejak 2021. Pesertanya bukan hanya pelajar, tapi juga masyarakat umum. Dalam menjalankan program ini, Rumah Sunting selalu melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, baik di Pulau Belimbing sebelumnya, maupun di Kampar Kiri.

"Sejak survei sampai hari H Jelajah Budaya, kami selalu didampingi Pokdarwis Kenegerian Padang Sawah. Mulai dari bertemu pelaku kearifan lokal, Datuk Ninik Mamak dan Kades, hingga kegiatan usai. Bahkan tetlibat langsung sebagai tim. Alhamdulillah, Ketua Pokdarwis, Bang Kasmono, kebetulan memang merupakan tim Rumah Sunting yang berdomisili di Padang Sawah. Kepada Kepsek SMAN 7 Pekanbaru, kami mengucapkan terimakash karena mempercayakan program Merdeka Belajar dalam wujud Jelajah Budaya kepada kami," kata Kunni pula.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER