Kanal

Ratusan Siswa dan Guru SMAN 7 Pekanbaru Jelajahi Budaya Pulau Belimbing

KAMPAR (Sunting.co.id) - Ratusan siswa dan guru SMAN7 Pekanbaru melaksanakan program Merdeka Belajar dengan tema kearifan lokal. Merdeka Belajar diwujudkan dengan melakukan observasi dan turun langsung ke lapangan, Selasa  (5/10/2022) di Dusun Pulau Belimbing  Kecamatan Kuok, Kampar.

Kegiatan yang dipercayakan kepada Komunitas Seni Rumah Sunting ini masuk dalam Jelajah Budaya yang memang menjadi salah satu program komunitas yang bergerak di bidang seni dan budaya.

Kepala Sekolah SMAN 7 Pekanbaru Dr Hj Nurhafni MPd, menjelaskan, kearifan lokal merupakan tema yang dipilih dalam program Merdeka Belajar. Siswa dan siswi yang mengikuti program ini harus membuat laporan dan mempresentasekan di depan guru dan Kepsek sehingga menjadi karya ilmiah.

"Merdeka Belajar ini banyak tema. Tahun ini kami memilih tema kearifan lokal. Maka, anak-anak harus turun ke lapangan, melihat secara langsung bagaimana kearifan lokal yang masih ada dan dijalankan masyarakatnya lalu menjadikannya sebuah karya ilmiah yang dipresentasekan di hadapan guru dan Kepsek," jelas Nurhafni.

Berbagai kegjatan Jelajah Budaya di Pulau Belimbing diikuti siswa yang berjumlah 96 siswa tersebut. Antara lain,  edukasi madu kelulut SS di Desa Salo Timur, edukasi Rumah Lontiok, Berburu Golopuong, permainan tradisional Engkrang, Menggelek Tobu, edukasi Calempong,  Makan Bajambagh, Basiacuong, dan edukasi budidaya ikan kerambah.

Siswa dan siswi dibagi beberapa kelompok. Selain mengikuti langsung seluruh kegiatan, siswa juga mewawancarai narasumber, mencatat, merekam dalam bentuk video maupun foto.

Kunni Masrohanti selaku pembina dan pendiri Rumah Sunting, menjelaskan, Jelajah Budaya bukan jelajah biasa, bukan wisata biasa.

"Jelajah Budaya ini bukan jelajah biasa. Selain menyaksikan berbagai kearifan lokal, siswa dan siswi juga difahamkan tentang apa yang mereka lihat selama Jelajah Budaya berlangsung," kata Kunni. Selain Kunni, ada dua tim Jelajah Budaya lainnya, yakni Yanda Rahmanto dan Muhammad Maulana.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER