Kanal

Ompok, Asam Pedas Kering Pulau Belimbing

KAMPAR  (Sunting.co.id) - Ompok adalah lauk khas Dusun Wisata Pulau Belimbing, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar. Makanan ini terbuat dari ikan segar Sungai Kampar yang membelah kecamatan ini.

Ompok sama dengan Asam Pedas, hanya saja dikeringkan sampai benar-benar kering atau tanpa.air. Di beberapa tempat, Ompok ini disebut dengan pongek.

Bukan seperti lauk atau makanan biasa yang bisa ditemukan setiap hari. Ompok hanya bisa ditemukan di acara-acara besar seperti nikah kawin, akikah dan khitanan. Kalaupun ada, hanya sesekali. Tapi kalau acara besar, makanan ini pasti ada.

Sebagai lauk, Ompok tentu dimakan dengan nasi. Kadang juga dengan ketan. Ompok ini biasanya campuran antara ikan dengan nangka atau dengan pisang. Tidak bisa juga sembarang pisang. Biasanya yang digunakan adalah pisang lidi.

Ikan untuk Ompok ini macam-macam. Ada ikan kopiek, paweh, katuang dan lelan. Semua ikan didapat dari Sungai Kampar yang ditangkap para penembak ikan tanpa dibayar.  Begitulah kebiasan masyarakat Pulau Belimbing jika ada tetangga yang hendak membuat acara besar.

"Kalau di kampung bikin acara, pasti masyarakat tahu. Namanya di.kampung. Nanti ada yang nanya, kapan acaranya. Kalau sudah tinggal 2 hari lagi, para pemuda yang suka menembak ikan turun semua ke sungai. Nanti ramai-ramai hasilnya diserahkan kepada tuan rumah," kata Sukirman, warga Pulau Belimbing.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER