Kanal

Jumpai FKDM di Kediaman, Bupati Afrizal Sintong: Kami Siap Mendukung Program FKDM

ROHIL (Sunting.co.id) -  Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP siap mendukung program Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Rohil. Hal ini disampaikan Bupati saat menjumpai pengurus FKDM Rohil dan FKDM Riau di kediamannya, Senin  siang (8/8/2022).

"Kami siap mendukung program FKDM, sebab FKDM ini mata dan telinganya pemerintah," katanya.

Sebelum menyampaikan dukungan itu, Bupati terlebih dulu bertanya kepada Ketua FKDM Riau Data Wardana yang datang bersama timnya, khususnya terkait anggaran. Bahkan, setelah mendengar penjelasan Data, Bupati berjanji akan menambah anggaran untuk FKDM Rohil yang sekarang hanya Rp100 juta.

" Untuk tahun depan, kami tambah anggaran FKDM Rohil menjadi 250 juta, FKUB juga begitu. Tolong dikondisikan Pak Kaban," kata Bupati kepada Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Rohil, Fadli yang turut hadir salam pertemuan tersebut.

Pada kesempatan yang singkat itu, Data menjelaskan bagaimana FKDM tersebut lahir dan bagaimana fungsinya bagi pemerintah maupun maayarakat.

"FKDM ini organisaai plat merah pak Bupati, dibentuk berdasarkan Permendagri 2019. Levelnya bukan hanya Riau tapi  sampai kecamatan, bahkan desa. Koordinasi terkait Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) antara FKDM provinsi dan kabupaten/kota ini sangat penting, karena kami akan memyampaikan kepada gubernur, sesuai tupoksi kami yakni sebagai mata dan telinganya pemerintah," kata Data.

Di Riau, sambung Data, FKDM  kabupaten/kota baru terbentuk 10. Dua yang lain belum yakni Rohil sedang dalam proses dan Pelalawan yang belum ada sama sekali. Data berharap agar FKDM Rohil segera terbentuk reami dengan SK Bupati. Bupati pun berjanji akan segera menandatangani SK pengurus FKDM yang baru.

Data juga menyampaikan bahwa di pertengahan September nanti FKDM Riau akan melaksanakan Rapar Koordinasi (Rakor) FKDM se-Sumatera yang juga dihadiri oleh FKDM se-Riau.

"Kalau SK kawan-kawan pengurus FKDM di Rohil sudah diteken Bupati, tentu mereka akan lebih.mudah bergerak, termasuk menghadiri undangan kami nanti," sambung Data lagi.

Ketua FKDM Rohil, Sulisman juga memgaku sangat senang karena Bupati menanggapi baik kedatangan FKDM Rohil dan Riau, apalagi akan aegera menandatangani SK kepengurusan yang dinakhodainya itu.

"Alhamdulillah, Bupati sangat respon, akan segera menandatangani SK, bahkan siap menambah anggaran untuk tahun depan," kata Sulis.

Pertemuan itu juga dihadiri tokoh masyarakat Rohil yang turut bergabung di FKDM Rohil yakni Firdaus SAg. Firdaus yang juga Ketua FKUB Rohil itu juga sudah bertemu dengan pengurus FKDM Riau sejak malam hari, pagi Senin hingga pertemuan dengan Bupati siang itu.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER