Kanal

Forum TBM Riau Buka Lapak Baca di CFD, Teratak Literasi Baca Cerita Rakyat

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Dengan niat mengajak dan meningkatkan minat  baca masyarakat, Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Riau menggelar Lapak Baca di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, Minggu (17/7/2022).

Lapak Baca yang dibuka setiap minggu atau setiap CFD mulai pukul 06.30 WIB hingga selesai ini, diikuti oleh  TBM Teratak Literasi. Selain Teratak Literasi, awalnya TBM Mentari Sago juga akan ikut serta. Tapi karena sesuatu hal, belum bisa bergabung.

Ketua Forum TBM Riau, Sutriyono, menjelaskan, Lapak Baca ini boleh diikuti oleh TBM yang lain. Bahkan dia mengajak semua TBM bergabung agar Lapak Baca tersebut lebih ramai dan meriah.

"Teman-teman TBM ngelapak setiap minggu di CFD. Silakan yang mau gabung, siapa saja boleh. Ini upaya kita mengajak masyarakat membaca buku. Minggu ini ada TBM Teratak Literasi dan Mentari Sago," kata lelaki yang akrab disapa Mas Tri.

Agar Lapak Baca tetap ramai, Mas Tri dan kawan-kawan mencoba menyusun jadwal agar
setiap minggu ada yang mengisi lapak tersebut. Bahkan kalau bisa lebih ramai lagi.

Selain bisa menikmati beragam koleksi buku-buku yang kaya nutrisi, di lapak tersebut juga dibuat aksi panggung dan kegiatan lain. Ada membaca nyaring, membaca cerita rakyat, membaca puisi dan mewarnai. Kegiatan ini terbuka umum, untuk aiapa saja yang mau melakukannya.

"Alhamdulillah, banyak yang singgah di Lapak Baca kami. Kadang jalan capek, berhenti di lapak sambil duduk dan membaca buku. Tadi Saya membaca cerita rakyat," ujar Pamula Trisna Suri, owner TBM Teratak Literasi.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER