Kanal

Walhi Riau Ajak Masyarakat Rayakan Idul Adha dengan Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Selain diramaikan oleh kumandang takbir, Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, ditandai dengan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi dan kambing. Begitu juga dengan Idul Adha tahun ini.

Berkenaan dengan hal itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau mengajak masyarakat untuk merayakan hari besar ini dengan semangat peduli lingkungan. Salah satunya dengan cara mengurangi penggunaan kantong plastik.

Jasmi, Ketua Dewan Daerah WALHI Riau, menyampaikan pentingnya kesadaran peduli lingkungan bagi setiap orang. Menurut dia, sikap kepedulian itu seharusnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Masalah lingkungan setiap hari kita saksikan. Mulai dari masalah sampah, polusi, cuaca buruk, hingga banjir. Jika ini tidak segera disadari, maka permasalahan itu akan selalu ada dan menghambat kehidupan kita semua," kata Jasmi.

Terkait dengan keadaan sampah plastik yang sudah sangat mengkhawatirkan di Pekanbaru, Jasmi mendorong agar pemerintah dan masyarakat mulai bersama-sama mengurangi penggunaan kantong plastik. Ia mengungkapkan, sebenarnya penggunaan kantong plastik di Hari Raya Kurban ini dapat dikurangi apabila panitia kurban dapat menyediakan bungkus yang lebih ramah lingkungan, seperti besek (dari bambu), daun, dan lain sebagainya. Jika hal itu dirasa sulit, masyarakat dapat diimbau untuk membawa tempat daging sendiri dari rumah.

"Menurut saya itu lebih efektif untuk mengurangi kantong plastik. Namun, tentu ini tidak akan banyak berdampak besar tanpa adanya intervensi dari pemerintah untuk menegaskan kebijakan pengurangan sampah plastik," tutur Jasmi.

Senada dengan Jasmi, Kunni Masrohanti, Wakil Dewan Daerah WALHI Riau, melihat korelasi antara semangat kepedulian terhadap lingkungan dengan Islam yang mestinya jadi prinsip setiap muslim di mana pun berada.

"Artinya, sebagai kholifah kita diberi tugas memimpin agar bumi ini dapat dikelola dengan baik sehingga membawa rahmat bagi umat seluruh alam, rahmatan lil alamin," ucap Kunni.

Kunni juga mengatakan, salah satu praktik baik menjaga lingkungan yang bisa kita amalkan dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha adalah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Berdasarkan pengamatannya, hampir di semua tempat yang melakukan penyembelihan daging kurban pasti menggunakan kantong plastik sebagai tempat daging yang telah dipotong. Padahal, selain akan menambah jumlah sampah plastik di bumi, secara kesehatan penggunaan kantong plastik juga dinilai kurang baik.

Mengutip uraian Aliansi Zero Waste Indonesia, kantong plastik mengandung zat karsinogen yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Plastik berwarna dapat menguraikan zat-zat adiktif seperti adipate, phthalate, dan Bisphenol-A (BPA) apabila digunakan untuk membungkus makanan berminyak dan berlemak, apalagi bersuhu panas.

"Kita harus bersama-sama mulai memikirkan alternatif lain untuk mengganti penggunaan kantong plastik sekali pakai agar terhindar dari bahaya tersebut," ajak Kunni.(*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER