Kanal

Sempena Pulang ke Kampung Tradisi, Gus Nas Minta Kunni Membacakan Puisi Sutardji

YOGYAKARTA (Sunting.co.id) - Galeri milik Gus Nas alias HM Nasaruddin Anshory Ch, menjadi salah satu lokasi kunjungan iven Pulang ke Kampung Tradisi yang dilaksanakan Penyair Perempuan Indonesia (PPI) di Jogja, 1-3 Juli 2022. PPI berkunjung ke galeri tersebut Sabtu (2/7).

Pada kesempatan itu, Gus Nas meminta Ketua PPI, Kunni Masrohanti untuk membacakan puisi karya Sutardji Calzoum Bachri (SCB) yang terdapat dalam buku berjudul Kecuali.  Penerbitan buku ini diinisiasi langsung oleh Gus Nas.

"Bagi saya SCB adalah penyair yang tidak ada tandingannya. Maka buku puisi berjudul Kecuali karya beliau ini memang sengaja saya terbitkan secara istimewa. Mulai dari bentuk bukunya, hingga puisi-puisi di dalamnya. Salah satu puisi dalam buku ini ditulis SCB khusus untuk Kunni. Karena itu, saya minta Kunni membacakan puisi dalam buku ini," pinta Gus Nas.

Tidak bisa menolak, Kunni yang saat itu mengenakan kebaya warna kuning,  selendang kuning dan songket hijau itu pun membacakan puisi SCB. Tapi bukan puisi yang dikhususkan untuknya. Ia membacakan puisi yang lain.

"Terimakasih Gus Nas, yang telah menjamu kami semua. Karena diminta baca puisi SCB dalam buku berjudul Kecuali yang istimewa ini, maka saya akan membacakannya," kata Kunni.

Selain mengunjungi Galeri Gus Nas yang dipenuhi lukisan-lukisan istimewa itu, peserta Pulang ke Kampung Tradisi ini juga menggali khazanah dan kearifan lokal  di berbagai tempat lainnya. Antara lain, Edukasi Watu Lumbung, Kraton, Taman Sari, dan Desa Caturharjo Sleman.(*) 

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER