Kanal

Campers Fun Ascender Riau Jadi Ajang Silaturahmi dan Belajar Bersama

KAMPAR (Sunting.co.id) -  Association Rent Outdoor Equipment Riau (Ascender) menggelar kemping bareng. Kemping yang dilaksanakan 26-27 Maret 2022 di Hutan Adat Imbo Putui, Kampar ini  mengusung tema Campers Fun Riau. 

Ascender sendiri merupakan kolaborasi antar perentalan alat-alat outdoor yang ada di daerah Riau. Tak heran, kemping ini jadi amat menyenangkan. Sekitar 70-an peserta mengikuti kegiatan ini sejak dibukanya pendaftaran di awal Maret.

Selama kegiatan berlangsung, peserta juga menikmati keindahahan malam di Imbo Putui dengan berbagai penampilan seni. Ada musik, puisi dan lain sebagainya. 

Hutan Adat Imbo Putui menjadi lokasi pilihan karena dinilai tepat untuk belajar  saling mengakrabkan diri antar sesama, jelang Ramadan. Baik bersama dengan rekan-rekan sekomunitas  maupun dengan komunitas lain yang hadir. 

“Kegiatan ini sengaja kami buka untuk umum, melihat antusias liburan outdoor dan ekowisata, dari banyak pelanggan dan pengikut kami di media sosial. Di kesempatan ini, kami tidak hanya bersilaturahmi dan buka diskusi. Kami juga menampilkan film, nyanyian, musik dan puisi sebagai hiburan,'' sebut sekretaris Assender, Muhammad Aprianda. 

Pada penutupan acara tersebut, sambung pemuda yang akrab dipanggil Nanda ini, memberi santunan terhadap anak Yatim-Piatu masyarakat adat di sana, serta ada kuis berhadiah pada acara puncaknya agar kegiatan semakin meriah. 

''Terakhir, tentu saja dengan mengabadikan momen, berfoto bersama. Ini sangat bernilai dan berharga bagi kami,” sambung Nanda lagi.

Nanda berharap, selanjutnya Ascender secara internal dapat lebih kuat, lebih kompak dan bisa terus membangun kerja sama baik dengan tempat-tempat wisata yang ada di Riau, tentu dengan konsep ekowisata. 

Ascender berdiri  8 Maret 2021, diketuai Yonaldi Saputra. Harapan terbesar dari komunitas ini adalah mengukuhkan tali persaudaraan antar anggota perentalan outdoor se-Riau. Berkolaborasi dan bersaing secara sehat, bahu-membahu jika ada yang memerlukan bantuan. Begitulah prinsip yang mereka pegang. Ada sebelas perentalan yang bergabung dalam komunitas ini. Mereka adalah, Cendana Outdoor, Dreams Outdoor, Jackwild Outdoor, Kaparak Outdoor, Kurinci Outdoor, Lighture Outdoor, Riau Outdoor, Roemah Petoealank Rent Outdoor, Sevensky Outdoor, Tan Malala Adventure, dan terakhir ada Union Adventure.

Tak hanya sebatas sampai di Campers Fun Riau saja, ke depan, akan ada lagi acara lebih meriah dari Ascender. Kenapa Campers Fun Riau ada, konon untuk membuka jalan kepada agenda yang lebih besar lagi. Kabarnya, agenda itu akan dinamai Indo Fest oleh Ascender Riau.

Persiapan untuk Campers Fun ini sekitar satu bulan, yakni dimulai Februari lalu. Cahyo dari Lighture Outdoor adalah ketua pelaksana yang terbilang sukses dan memikat minat banyak orang kali ini. 

“Kegiatan ini sangat cocok di masa Pandemi. Kegiatan  ini juga menarik antusiasme anak muda seperti kita, yang ingin liburan dan mengumpulkan momentum,” ungkap Selvia, salah satu peserta Campers Fun Riau.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh pemuda dan pengelola tempat wisata Hutan Adat Imbo Putui. 

“Di sini, kami para pemuda adat Kenegerian Petapahan bersama Lembaga Pengelola Hutan Adat (LPHA) Imbo Putui, bekerja sama dengan baik. Berpatroli secara rutin, untuk menjaga kelestarian dari hutan ini dan beragam satwa di dalamnya. Kami senang dengan adanya kegiatan Ascender ini,” tutur Ketua LPHA Imbo Putui, Habib.

Hutan Adat Imbo Putui sendiri terletak di Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Tak jauh dari pusat kota Riau, Pekanbaru. Butuh waktu sekitar satu jam untuk bisa sampai di tempat ini. Imbo Putui dipilih karena alamnya yang masih asri dan aliran sungainya yang jernih, serta masih memiliki beberapa satwa langka seperti Rangkong, Kupu-kupu Batu, Belalang Sutra, dan lainnya.(yjn

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER