Kanal

Buku Karya Bian Lio dan Nadhira Pakpahan Diluncurkan

PEKANBARU (Sunting.co.id) - Dua buku sastra bergenre cerita pendek (cerpen) karya dua penulis cilik Pekanbaru diluncurkan, Kamis (24/3/2022) di Perpustakaan Soeman HS.

Dua buku tersebut adalah, Ruang Rahasia Nenek karya Bian Lio murid kelas VI  SDN 153 Pekanbaru dan buku berjudul Me VS Mamak karya Nadhira Pakpahan SDIL Bintang Cendekia Pekanbaru.

Peluncuran buku ini disaksikan segenap pegiat literasi di Pekanbaru, seniman, budayawan, sastrawan dan kepala sekolah, guru-guru dan murid-murid SD di Pekanbaru. Tak heran ruang pertemuan Wan Ghalib di perpustakaan tersebut penuh sesak.

Kadispersip Mimi Yuliani Nazir, meluncurkan secara resmi kedua buku tersebut. Peluncuran diawali dengan prosesi berupa tarian, dilanjutkan penandatanganan cover oleh Kepala Dispersip, sastrawan dan budayawan serta narasumber bedah buku.

Kadispersip menyebutkan, buku yang dihasilkan kedua penulis ini sangat inspiratif.

''Apa yang kita saksikan saat ini, lahirnya penulis cilik Riau, sungguh sebuah kebanggan bagi kita. Anak kecil sudah berkarya. Hendaknya ini menjadi inspirasi bagi anak-anak yang lain dan meningkatkan semangat literasi di Riau,'' ujar Mimi.

Taufik Ikram Jamil, sastrawan Riau, yang memberikan elu-eluan sebelum peluncuran, menceritakan, proses kreatifnya di dunia kepenulisan yang dimulai sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

''Dua buku karya penulis cilik ini sangat luar biasa. Menjadi semangat juga bagi kami-kami yang sudah tua. Saya sendiri baru mulai menulis sejak SMP. Ini SD sudah menulis, sudah punya karya buku. Semoga terus menulis dan menginspiirasi sampai dewasa nanti,'' kata Taufik Ikram Jamil.

Siti Salmah juga bangga dengan capaian Bian dan Nadhira. Kata dia, proses penulisan dua cerpen tersebut cukup lama, bahkan hampir dua tahun.

"Membimbing anak menulis itu tidak mudah, panjang sekali prosesnya, ada kiat-kiat khusus bagaimana anak tertarik untuk menulis," katanya.

Usai peluncuran dilanjutkan dengan bedah buku yang dimoderatori Siti Salmah selaku Founder Salmah Creative Writing (SCW) penerbit dua buku tersebut yang juga ibu kandung Bian Lio.

Sedangkan tiga narasumber yang dihadirkan yakni Bambang Kariyawan (Kepala Sekolah Cendara Duri dan sastrawan l), Nafiah Alma'rab (novelis) dan Murparsaulian (dosen/jurnalis/penyair).

Sastrawan yang hadir antara lain, Buya Syafruddin Saleh Sei Gergaji, Ketua Penyair Perempuan Indonesia Kunni Masrohanti, Alvi Puspita dan Awi Anjung. Bedah buku berlangsung lancar. Selain pemaparan dari narasumber juga dibuka sesi tanya jawab dengan doorprise berupa kedua buku karya Bian Lio dan Nadhira Pakpahan.

Kegiatan bedah buku ini juga dimeriahkan dengan tarian kreasi, baca puisi dan lagu oleh anak-anak SD dari berbagai sekolah di Pekanbaru. (*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER