Kanal

Turnamen Mini Soccer Nyinball Pasagh 2021 Berjalan Kondusif

KAMPAR (Sunting.co.id) - Perhelatan pemuda yang digelar sekali dalam setahun di kenegerian Padang Sawah, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, berlangsung dengan sangat kondusif.

Turnamen yang digelar dari tanggal 23 Juli beberapa pekan lalu melalui beberapa kali pertandingan itu, hari ini, 5 Agustus 2021 mencapai final.

“Acara ini kami laksanakan bersama panitia dalam rangka memeriahkan  Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 serta memotivasi pemuda untuk berolahraga,'' kata Refly Wahyudi (22) selaku ketua panitia.

Terkait kata Nyinball Pasagh, Refly menjelaskan, kata ini merupakan kata aski daerah Padang Sawah. Mengapa memakai bahasa daerah, dengan tujuan melestarikannya. 

Nyinball Pasagh ini bahasa asli Desa Padang Sawah. Nyinball artinya Main Bola sedangkan Pasagh artinya pasar. Jika diartikan keseluruhan, main bola di seberang pasar dikarenakan lapangan mini soccer ini berada di seberang pasar Padang sawah,'' ujar Kentung sapaan, akrab Refly.

“Jumlah peserta yang ikut dalam kompetisi pada tahun ini sebanyak 16 tim. Semuanya pemain lokal atau putra asli yang berdomisili di Kenegerian Padang Sawah,'' ungkap pemuda hobi petualangan ini. 

Saat ditanya kenapa pesertanya lokal semua? Refly menjawab, ''Karna kami dalam keadaan situasi pandemi COVID-19, makanya peserta kami batasi. Kami menerapkan protokol kesehatan pada penonton serta panitia yang juga hanya warga Kenegerian Padang sawah. Kami juga menyediakan tempat cuci tangan di pangkal jembatan menjelang lapangan,” terang Kentung lagi. 

Menyinggung sumber dana yang dipertanyakan wartawan Sunting.co.id, Kentung menjelaskan, “Sumber dana kita beragam. ada yang dari sumbangan di jalan, sumbangan pedagang, donasi pengusaha, pemerintahan desa, dan lain sebagainya yang tak bisa kami sebut satu persatu.'' 

Seluruh peserta memperebutkan hadiah jutaan rupiah pada pertandingan ini.  Mulai dari club terbaik, pencetak gol tetbanyak dan juga panitia terbaik. 

“Hari ini adalah final antara Panglima Fc berhadapan dengan Daniel and Friends Fc,. Mereka memperebutkan piala tetap dan medali serta uang binaan sebesar  Rp2 juta untuk juara pertama.Seedangkan untuk juara kedua piala tetap dan medali serta uang binaan sebesar Rp1 juta. Untuk pencetak gol terbanyak juga mendapat hadiah berupa piala, medali serta uang binaan Rp300 ribu,'' tambah Kentung. 

Selaku ketua panitia, Kentung juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara ini, baik itu sumbangan moril ataupun materil.(kmn)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER