Kanal

Ratusan Penggiat Alam Riau Rayakan Hari Pohon

PEKANBARU (Sunting.co.id.) - Taman Hutan Raya (Tahura) Minas, Sabtu malam, 21 November dipenuhi puluhan tenda. Ratusan Penggiat Alam dari berbagai organisasi dan komunitas bermalam di sini. 

Selama 24 jam, mereka bersama melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Pohon Sedunia. Dimulai dari kegiatan seni, bincang rimba, sharing community hingga penanaman pohon.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Penggiat Alam (FKPA) Riau yang ditunjuk oleh panitia kecil atau tim formatur. FKPA hanya merupakan forum komunikasi yang ditunjuk sebagai pelaksana demi kelancaran kegiatan Riau Camp 2020.

Tanpa persiapan waktu yang lama. Sepuluh hari sebelumnya, para Penggiat Alam ini berkumpul di Laman Bujang Mat Syam MTQ dan berdiskusi untuk kemping bersama atau mereka sebut rindu kemping.

Perbincangan meluas bahwa rindu kemping tidak hanya sekedar kemping, maka disempenakan dengan kegiatan hari pohon yang jatuh pada 21 November. Lalu dibuatlah panitia kecil atau tim formatur untuk menyusun rangkaian kegiatan.

Dari proses yang berjalan beberapa hari itu, ada 33 komunitas yang ikut merayakan hari pohon tersebut. Tidak hanya dari Pekanbaru, tapi juga dari Dumai, Kampar dan Pelalawan.

Komunitas dan organisasi Penggiat Alam  yang ikut bergabung  tersebut antara lain, Komunitas Seni Rumah Sunting, Pondok Belantara, Lindungi Hutan Riau (LHR), Tapak Rimba, KPKR, LPE Riau, U-Forty, Mapala Natural, Wanapalhi, PPGI, PGI Korwil Riau, SAKE Adventure, Kaparak, P4WDA, Land Rover Club Riau (LRCR), dan masih banyak lainnya, termasuk usaha outdoor.

''Alhamdulillah Riau Camp 2020 berjalan dengan baik. Ini berkat dukungan dan kekompakan seluruh peserta baik komunitas maupun organisasi Penggiat Alam RIAU,'' jelas Koordinator Umum, Nofria Miza.

Kegiatan diawali dengan keberangkatan oleh seluruh peserta dengan titik kumpul MTQ, dilanjutkan dengan Bincang Rimba, Aksi Panggung Hijau dan diskusi seluruh komunitas yang hadir, serta penanaman pohon keesokan harinya.

Bincang Rimba menghadirkan Kepala KPHP Tahura Setyo Widodo, Ketua PGI Korwil Riau Roby Kurniawan periode 2013-2017, Syafredo dari P4WDA, Fahrurrozy dari U-Forty dan moderator Kunni Masrohanti. 

Riau Camp 2020 disambut baik oleh Kepala Dinas Lhk Riau Mamun Murod yang hadir malam itu. 
''Luar biasa. Kegiatan yang bagus di penghujung tahun ini. Semoga keberadaan komunitas Penggiat Alam ini memperkuat langkah pemerintah menuju Riau Hijau,'' ujar Mamun Murod sebelum meninggalkan lokasi, usai Bincang Rimba.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Muhammad Gumilar alias Gumpal sebagai Koordinator Kegiatan dan Eko Handyko Purnomo selaku Koordinator Lapangan. ''Teman-teman peserta sangat luar biasa. Tertib dan kompak sehingga Riau Camp 2020 ini berjalan lancar. Terimakasih buat seluruh peserta,'' kata Kakang dan Gumpal. 

Riau Camp 2020 tidak berakhir sampai di sini. Dalam waktu dekat, perwakan seluruh komunitas akan berkumpul kembali untuk membentuk satu nama sebagai wadah bagi mereka berkumpul dan berkegiatan bersama. (*)

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER