Kanal

MUNSI III Digelar, Para Sastrawan Unjuk Gagasan

JAKARTA (Sunting.co.id) - Sebanyak 198 sastrawan dari seluruh wilayah di Indonesia mengikuti Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia (MUNSI) III. 

Kegiatan yang dilaksanakan Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan  Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini berlangsung selama tiga hari, yakni 2-5 November 2020 di Novotel Hotel, Jakarta. 

Musyawarah yang mengusung tema 'Memajankan Sastra Indonesia di Panggung Dunia' ini dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dan daring atau Zoom Meeting. Pembukaan yang dilaksanakan Senin malam pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB itu, dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Prof Endang Aminudin Aziz MA Ph.D.

Pembukaan  diwarnai dengan penyampaian usulan dan gagasan dan seluruh peserta. 

Prof Endang Aminudin, menyebutkan, kegiatan Munsi III ini dilaksanakan di tengah pandemi yang mengkhawatirkn. Tapi, semangat sastrawan untuk hadir dan membahas bersama demi kebaikan sastra Indonesia ke depan, sungguh sesuatu yang perlu diapresiasi.

''Munsi III dilaksanakan dalam kondisi bangsa ini sedang dilanda pandemi. Tapi seluruh peserta semangat. Gagasan-gagasan yang dilontarkan pada malam pembukaan, sangat bermanfaat bagi kami. Semua itu untuk sastra Indonesia lebih baik,'' katanya.

Pembukaan Munsi III Senin malam tersebut diwarnai dengan dialog dan tanya jawab usai penyampaian materi oleh Prof Endang Aminudin dengan judul 'Kebijakan Sastra Badan Bahasa. Usulan, pertanyaan dan masukan ini disampaikan peserta tatap muka atau pun daring. 

Tidak hanya tentang kebijakan Badan Bahasa dalam memajukan sastra melalui literasi, tapi sampai kepada kebijakan meningkatkan literasi di daerah pedalaman, bahkan kesejahtetaan dan semangat sastrawan dalam melakukan gerakan literasi. 

Para sastrawan  yang memberikan masukan dan usulan secara daring antara lain, Sosiawan Leak, Aslan Abidin. Sedangkan secara tatap muka antara lain, Abdul Kadir Ibrahim, Fakhrummas MA Jabbar, Kunni Masrohanti, Imam Maarif, dan masih banyak lainnya. 

Panitia Pelaksana, Drs M Abdul Khak M.Hum, dalam laporannya mengatakan, Munsi III diikuti oleh 198 peserta. 137 peserta tatap muka, 61 peserta daring dan 2 orang mengundurkan diri. (*) 

Ikuti Terus Sunting.co.id

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER